Arab Saudi Pancung Penyelundup Ganja sekaligus Orang yang ke-88 Tahun Ini

Arab Saudi Pancung Penyelundup Ganja sekaligus Orang yang ke-88 Tahun Ini
Di pelataran masjid Qishas di Jeddah ini, salah satu tempat eksekusi hukuman pancung di Arab Saudi.

jpnn.com - RIYADH - Pemerintah Arab Saudi kembali menghukum pancung tiga pelaku kejahatan sekaligus yang ke-88 pada tahun 2015 ini. Total yang menjalani hukuman pancung tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya

"Tiga warga yang dipancung Selasa (26/5) tersebut adalah rakyat Saudi," tulis Kementerian Dalam Negeri seperti dilansir BBC.

Dua dari mereka - Awad al-Rowaili dan Lafi al-Shammary menjalani hukuman itu di Jawf, wilayah di timur negara itu, atas kesalahan menyelundupkan ganja.

Seorang lagi dipancung di Asir karena kesalahan membunuh. Pihak berkuasa negara itu memancung 87 orang atas pelbagai kesalahan sepanjang tahun lalu. 

Arab Saudi menetapkan hukuman mati terhadap mereka yang terbukti bersalah menyelundup ganja, memperkosa, membunuh, murtad dan merampok menggunakan senjata.

Peningkatan jumlah pesalah yang dipancung tahun ini terjadi menjelang akhir pemerintahan Raja Abdullah yang meninggal dunia 23 Januari lalu.

Jumlahnya bertambah secara mendadak setelah Raja Salman naik tahta. Aktivis tidak dapat menjelaskan penyebab peningkatan itu.

Seorang aktivis berkata, hukuman pancung dilaksanakan setelah dikabulkan oleh raja. "Jika raja tegas, dia akan menandatangani dokumen membenarkan hukuman itu," katanya, seperti dikutip AFP.(ray/jpnn) 


RIYADH - Pemerintah Arab Saudi kembali menghukum pancung tiga pelaku kejahatan sekaligus yang ke-88 pada tahun 2015 ini. Total yang menjalani hukuman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News