Pilwali Surabaya, Calon Jalur Independen Sepi Peminat

Pilwali Surabaya, Calon Jalur Independen Sepi Peminat
Pilwali Surabaya, Calon Jalur Independen Sepi Peminat. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.comSURABAYA – Pendaftaran  bakal  calon  wali kota Surabaya, Jawa Timur (bacawali) dari jalur perorangan dimulai 13 Juni mendatang.

Sampai  saat  ini,  belum ada tanda-tanda bacawali yang akan mendaftar melalui  jalur  independen. Faktor besarnya persentase syarat dukungan 6,5 persen dari total penduduk dinilai menjadi kata kunci minimnya minat bacawali lewat jalur tersebut.

Komisioner KPU Bidang Teknis dan Data,Nurul Amalia menyampaikan bahwa  memang  belum  ada  tanda-tanda bacawali yang akan mendaftar pada 13 Juni mendatang.

”Mungkin, syarat dukungan 6,5 persen dari total penduduk itu dianggap berat. Makanya, masih banyak calon yang lewat parpol,” tutur Nurul seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Minggu (31/5).

Berdasar UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, jika ingin maju secara perorangan, calon kepala daerah harus mengumpulkan syarat dukungan yang diwujudkan dengan tanda tangan dan fotokopi KTP. Syarat dukungan tersebut  harus  tersebar  minimal  di  50 persen jumlah kecamatan.

Jika Surabaya memiliki 31 kecamatan, syarat dukungannya adalah 6,5 persen dari jumlah 2,8 juta penduduk atau sekitar 180 ribu penduduk yang harus dikumpulkan dari 16 kecamatan.

Nurul menuturkan bahwa bukti dukungan diwujudkan dalam bentuk tanda tangan dan fotokopi e-KTP serta disertai dengan meterai. Meterai tidak disertakan untuk  setiap  dukungan.  

Satu  meterai dibubuhkan untuk setiap kelurahan.  Nurul menyatakan, meski saat ini tampak adem ayem, mungkin saja calon perorangan mendaftar pada injury time.

JPNN.comSURABAYA – Pendaftaran  bakal  calon  wali kota Surabaya, Jawa Timur (bacawali) dari jalur perorangan dimulai 13 Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News