Ini Tantangan UKM menurut Bos Bisnis Online

Ini Tantangan UKM menurut Bos Bisnis Online
Ini Tantangan UKM menurut Bos Bisnis Online

jpnn.com - JAKARTA - Industri e-commerce Indonesia tidak akan bisa sukses dan berkembang jika tidak didukung oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  yang berkualitas.

Karena itu, CEO dan Co-Founder Bukalapak.com, Achmad Zaky, mengatakan, para pelaku e-commerce di Indonesia mempunyai kewajiban moral untuk membina dan meningkatkan kualitas para UKM tersebut.

"Beberapa ciri UKM berkualitas yang saya temui dalam bisnis online dari para pelapak Bukalapak selama ini antara lain adalah trustworthy (terpercaya), reliable (dapat diandalkan), mempunyai layanan yang bagus, punya daya kompetitif dan memberikan respon yang cepat kepada konsumen,” kata Zaky, dalam keterangan resminya, Senin (1/6).

Sebelumnya, tema yang sama disampaikan Achmad Zaky di acara UKM Indonesia – Scale Up!, yang diselenggarakan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan didukung oleh para pelaku usaha e-commerce Indonesia di Jakarta, Sabtu pekan lalu.

Achmad Zaky juga cerita pengalamannya saat berkunjung ke kantor Alibaba, sebagai e-commerce terbesar di dunia, di China. Dikatakan, industri e-commerce di sana sungguh luar biasa karena setiap orang sudah berbelanja online dan sudah terjadi pergeseran perilaku belanja dari offline menuju ke online.

Hasil pengamatannya,  para pelaku UKM yang bergabung di Alibaba juga luar biasa, jauh lebih profesional jika dibandingkan dengan para pelaku UKM di Indonesia. Jika ada pertanyaan dari konsumen, mereka akan memberikan respon yang sangat cepat, selain itu juga didukung pengiriman yang cepat, barang dipesan hari ini maka akan dikirim hari ini juga.

"Mereka juga mempunyai standar pelayanan yang tinggi, jika ada kesalahan barang yang dikirim langsung diganti bahkan diberikan bonus-bonus tambahan atau kejutan sehingga konsumen puas dan akan berbelanja online lagi,” jelas Zaky.

Dijelaskan Zaky, berjualan online mempunyai nilai-nilai yang berbeda jika dibandingkan dengan berjualan offline. Penjual offline biasanya cenderung tidak akan mau untuk pindah ke online karena ada tuntutan tersendiri dalam dunia bisnis online.

JAKARTA - Industri e-commerce Indonesia tidak akan bisa sukses dan berkembang jika tidak didukung oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News