Pilgub, Pertarungan KIH vs KMP

Pilgub, Pertarungan KIH vs KMP
Pilgub, Pertarungan KIH vs KMP

jpnn.com - BENGKULU - Diprediksi hanya akan ada empat kandidat yang bertarung dalam Pilgub Bengkulu. Rinciannya satu dari jalur perseorangan (independen) dan 3 pasang dari Parpol. Peta perkoalisian parpol dalam pilgub Bengkulu ini besar kemungkinan terbelah berdasar model Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP).

Seperti diketahui, meskipun masih melalui verifikasi faktual, Ichwan Yunus menjadi satu-satunya bakal kandidat yang mendaftar independen. Sementara masa penyerahan dukungan sudah berakhir, Jumat kemarin (12/6) pukul 16.00 WIB.

Poros KMP diisi Gerindra, Golkar, PKS, dan PAN terus merapatkan barisan menjalin komunikasi politik yang intinya sepakat membentuk koalisi besar. Saat ini kesepakatan pembentukan koalisi ini sedang dalam penjajakan pengurus DPP.

Dengan koalisi empat parpol itu, koalisi ini sudah memiliki kekuatan yang cukup besar yakni 18 kursi. Rinciannya Gerindra 5 kursi, Golkar 5 kursi, PKS 3 kursi dan PAN 4 kursi. Sementara untuk mengusung 1 calon hanya dibutuhkan minimal 9 kursi parlemen.

Sementara di barisan KIH, dengan kekuatan PDIP dan Nasdem saja sudah mencukupi syarat mengusung calon. Kedua partai ini setidaknya sudah memiliki 11 kursi di parlemen. Dengan rinciannya PDIP 7 kursi, Nasdem 4 kursi.

Kekuatan itu masih bertambah bila PKB dan Hanura yang sudah menegaskan dukungannya kepada Ridwan Mukti ikut bergabung. Setidaknya PKB memiliki 3 kursi dan Hanura 3 kursi. Bisa bertambah 1 kursi lagi bila PKPI ikut bergabung. Tapi PKPI saat ini sedang dirundung konflik internal menyusul dicabutnya dukungan kepada cakada oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKPI.

Dari penelusuran Radar Bengkulu (Gru JPNN), kemungkian Demokrat yang memiliki modal 6 kursi parlemen untuk membentuk koalisi sendiri cukup besar. Calonnya digadang-gadang adalah incumbent, Gubernur H. Junaidi Hamsyah. Bahkan santer terdengar pula Junaidi sudah digandengkan dengan bakal calon wakil gubernur, Edison Simbolon atau Dian A Syakhroza yang merupakan kader Demokrat.

Tapi ada pula wacana berkembang, Demokrat akan mengusung Wagub, Sultan B Najamudin dengan bakal pasangan yang sama.

BENGKULU - Diprediksi hanya akan ada empat kandidat yang bertarung dalam Pilgub Bengkulu. Rinciannya satu dari jalur perseorangan (independen) dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News