Drive Test Layanan 4G LTE Smartfren Capai 47,35 Mbps

Drive Test Layanan 4G LTE Smartfren Capai 47,35 Mbps
Drive test layanan 4G LTE Smartfren di Denpasar, Bali, Kamis (18/6). Foto Arwan Mannaungeng/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com DENPASAR - Smartfren Telecom kini mempersiapkan layanan fourth generation (4G) atau yang akrab dikenal dengan Long Term Evolution (LTE). Meski belum dikomersialkan, namun layanan 4G LTE milik operator yang berbasis CDMA ini sudah bisa diadu dengan layanan  operator lainnya. 

Dalam drive test layanan 4G LTE Smartfren yang digelar di Denpasar, Bali, Kamis (18/6) terungkap bahwa kemampuan unduh mencapai 47,35 Mbps. Sementara untuk unggahnya tercatat di angka 6,20 Mbs. 

Pengukuran ini berdasarkan hasil dari uji coba layanan jaringan dengan aplikasi Speedtest Ookla di Bandara I Gusti Ngurah Raih, Bali. 

“Bukan saya yang ngomong loh bahwa dengan mengakses Youtube, tidak ada buffering-nya,” kata Head of Network Special Project Network Smartfren, Munir Syahda Prabowo yang menanggapi pengakuan dari salah seorang peserta drive test. 

Uji coba layanan 4G LTE Smartfren dilakukan sepanjang perjalanan dengan jarak tempuh 21 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Canggu, Kabupaten Badung. Diakui Munir bahwa di beberapa titik memang kemampuan jaringan Smartfren ada yang sampai 5 Mbps. 

“Tapi itu sebagian saja. Tidak ada yang sampai 2 Mbps atau di bawahnya,” katanya. 

Drive test ini merupakan tindak lanjut dari peluncuran device yang dilakukan Smartfren sebelumnya. Pada Selasa (9/6) lalu di Jakarta, Smartfren langsung meluncurkan lima perangkatnya sekaligus. [Lihat: Smartfren Luncurkan 5 Perangkat Andromax 4G LTE]

Masing-masing, Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es. Telepon pintar yang diluncurkan ini menggunakan teknologi 4G LTE. (awa/jpnn)

JPNN.com DENPASAR - Smartfren Telecom kini mempersiapkan layanan fourth generation (4G) atau yang akrab dikenal dengan Long Term Evolution (LTE).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News