Catut SK Puluhan PNS, Bank Mandiri Cairkan Miliaran Kredit Fiktif

Catut SK Puluhan PNS, Bank Mandiri Cairkan Miliaran Kredit Fiktif
Catut SK Puluhan PNS, Bank Mandiri Cairkan Miliaran Kredit Fiktif

jpnn.com - BIREUEN - Puluhan nama Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada sejumlah instansi di Kabupaten Bireuen, dicatut sindikat mafia bekerjasama dengan oknum perbankan.

Pencatutan ini diduga untuk mengajukan permohonan kredit pada Bank Mandiri Cabang Bireuen, tahun 2013 silam. Buntutnya, bank BUMN itu telah mencairkan uang puluhan miliar rupiah yang mengalir ke kantong pribadi para pelaku kejahatan perbankan tersebut.

Modus operandi penipuan, yakni menscan SK PNS dan memanipulasi data pemohon kredit. Kasus ini baru terungkap setelah tim auditor kredit macet Bank Mandiri Area Lhokseumawe, menemui sejumlah PNS yang tercatat masih menunggak pembayaran kredit.

Sementara itu, pihak bank dilaporkan telah memecat empat oknum pegawai Bank Mandiri Cabang Bireuen, karena terlibat dalam skandal kredit fiktif yang diduga menjadi otak aksi kejahatan ini.

Informasi diperoleh Rakyat Aceh (Grup JPNN) Kamis(18/6) menyebutkan, sejumlah PNS menjadi korban pemalsuan data itu, diduga dari berbagai instansi Pemkab Bireuen. Diantaranya pegawai Kantor Camat Kuala, Kantor Camat Jangka, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Syariat Islam.

Aksi ini disinyalir melibatkan bendaharawan di SKPK tersebut, melalui pengajuan permohonan kredit secara kolektif yang diskenariokan oleh mafia terorganisir, bersama dengan beberapa oknum pegawai Bank Mandiri Cabang Bireuen.

Menurut keterangan sumber PNS yang namanya ikut dicatut dalam kredit fiktif tersebut, mereka sangat terkejut ketika didatangi beberapa orang yang mengaku pihak Bank Mandiri. Menanyakan persoalan kredit macet yang tidak pernah diketahui, namun tiba-tiba nama mereka tercatat menerima pencairan dana kredit, mencapai ratusan juta rupiah per orang.

“Saya merasa heran, kok bisa tiba-tiba diberitahukan ada kredit yang menunggak di Bank Mandiri. Padahal selama ini, kami tidak pernah mengajukan permohonan kredit itu,” sebut sumber PNS yang enggan ditulis nama.

BIREUEN - Puluhan nama Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada sejumlah instansi di Kabupaten Bireuen, dicatut sindikat mafia bekerjasama dengan oknum perbankan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News