Setelah 80 Tahun, Hiu Langka di Dunia Tertangkap di Australia

Setelah 80 Tahun, Hiu Langka di Dunia Tertangkap di Australia
Basking Shark. Foto-foto: Picture: Facebook/Museum Victoria

jpnn.com - SALAH satu spesies terbesar dan langka di dunia bernama Hiu Basking, secara tak sengaja tertangkap nelayan di lepas pantai Portland barat daya Australia, pekan ini.

Dilansir dari National Geographic, Selasa (23/6), hiu ini sudah tak terlihat dalam 80 tahun terakhir.

Hiu basking yang tertangkap ini memiliki panjang sekitar 20-kaki (6,3 meter). Disebut juga, hiu basking merupakan ikan monster kedua setelah hiu paus.

Dalam 160 tahun terakhir, baru dilaporkan penemuan tiga hiu basking. Menurut Museum Victoria, terakhir tertangkap terjadi sekitar 1930-an.

Hiu basking dapat tumbuh atau berkembang hingga 12 meter. Dia dikenal punya karakter lembut dan mampu menyelam hingga kedalaman 3.280-kaki (1.000 meter).

Setelah 80 Tahun, Hiu Langka di Dunia Tertangkap di Australia

Tidak banyak yang diketahui soal hiu basking di dunia, Namun seorang ahli biologi di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) di La Jolla, California, Heidi Dewar mengatakan Basking biasanya terlihat di perairan beriklim sedang.

"Mereka punya kecenderungan untuk berimigrasi jarak jauh," jelasnya.

SALAH satu spesies terbesar dan langka di dunia bernama Hiu Basking, secara tak sengaja tertangkap nelayan di lepas pantai Portland barat daya Australia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News