Narapidana Meroket Dua Kali Lipat, Brasil Tembus 4 Besar Dunia

Narapidana Meroket Dua Kali Lipat, Brasil Tembus 4 Besar Dunia
Kondisi di Carandiru Penitentiary, salah satu penjara terkenal di Brasil. Foto: therichest

jpnn.com - BRASIL - Tingkat kriminalitas di Brasil meningkat tajam dalam 10 tahun terakhir. Dari data Kementerian Kehakiman setempat, jumlah narapidana di rumah tahanan-rumah tahanan Brasil menjadi 2 kali lipat dalam satu dekade.

Dilansir dari AFP, Rabu (24/6), pada 2004 Kementerian Kehakiman Brasil mencatat ada 336.400 warga Brasil yang mendekam di balik jeruji. Sementara tahun 2014, meningkat menjadi 607.700. 

"Ini meningkat hampir dua kali lipat dalam satu dekade, menjadikan Brasil sebagai negara dengan jumlah narapidana terbesar keempat di dunia," sebut pernyataan pihak berwenang Brasil dikutip AFP.

Laporan tersebut muncul saat parlemen Brasil justru sedang memperdebatkan penurunan usia penuntutan kejahatan serius dari 18 menjadi 16 tahun. 

Kini, dengan jumlah narapidana di atas 600.000 tersebut, Brasil 'hanya' kalah dibanding Amerika Serikta (2,2 juta), Tiongkok (1,6 juta) dan Rusia (673.000). (adk/jpnn)

 


BRASIL - Tingkat kriminalitas di Brasil meningkat tajam dalam 10 tahun terakhir. Dari data Kementerian Kehakiman setempat, jumlah narapidana di rumah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News