Berkas Dukungan Kurang, Diberi Waktu Sepekan

Berkas Dukungan Kurang, Diberi Waktu Sepekan
Berkas Dukungan Kurang, Diberi Waktu Sepekan

jpnn.com - BALIKPAPAN - Hasil verifikasi faktual dukungan warga kepada pasangan bakal calon (balon) walikota-wakil walikota Balikpapan dari jalur independen diumumkan 6 Juli mendatang.

Jika terdapat kekurangan jumlah dukungan, maka sesuai ketentuan PKPU Nomor 9 Tahun 2015, kandidat jalur independen akan diberikan waktu 7 hari untuk melengkapi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pada 6 Juli pihaknya sudah mengantongi data jumlah dukungan. Namun, hasil tersebut masih harus dibahas pada sidang pleno 9 Juli mendatang.

"Jadi batas penyerahan sisa kurangnya dukungan itu dilakukan sepekan setelah 9 Juli," jelasnya Rabu (24/6).

Ia mengimbau para kandidat calon independen, tak ada salahnya untuk mempersiapkan segala kekurangan sejak saat ini. "Karena waktunya hanya seminggu. Jangan sampai ini menjadi persoalan lagi," harapnya.

Dua pasang nama yang berkas pendaftarannya diterima KPU yakni, Abdul Hakim berpasangan dengan Wahidah dan Achdian Noor berpasangan dengan Abriantinus. Sejumlah berkas yang diverifikasi antara lain fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat dukungan.

Diketahui, kedua pasang calon mesti mendapat dukungan minimal 44.854 calon pemilih di Balikpapan. Selain itu, sebaran dukungan mesti mencapai 50 persen dari jumlah kecamatan. Selanjutnya, dari dukungan di kecamatan mencapai 50 persen dari jumlah kelurahan. (qi/rom/k15)


Berita Selanjutnya:
Dua Kapal Malaysia Ditangkap

BALIKPAPAN - Hasil verifikasi faktual dukungan warga kepada pasangan bakal calon (balon) walikota-wakil walikota Balikpapan dari jalur independen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News