Bupati Bergelimang Emas yang Mendatangi Istana Negara Itu Banjir Kritikan

Bupati Bergelimang Emas yang Mendatangi Istana Negara Itu Banjir Kritikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang bergelimang perhiasan saat datang ke kompleks Istana Negara, Senin (29/6). FOTO: Natalia/jpnn.com

jpnn.com - TIMIKA – Lantaran dinilai terlalu banyak menghabiskan waktu berada di luar daerah, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE menuai kritikan. Pasalnya, perjalanan dinas yang kerap dilakukan oleh bupati, dianggap telah mengabaikan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. 

Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menyebut telah menerima banyak keluhan dari masyarakat Mimika soal perjalanan dinas bupati setempat, yang dirasakan sangat berlebihan. Selain itu dipandang sebagai sebuah keadaan di luar kebiasaan normal dilakukan bupati pada umumnya. 

“Memang sudah banyak masyarakat Mimika menyampaikan keluhan mereka ke DPRP, bahwa bupati (Eltinus Omaleng, Red) jarang sekali di Mimika. Apalagi selaku wakil rakyat di Provinsi, saya dari Dapil III yang merupakan perwakilan dari Mimika,” kata Anggota Komisi II DPR Provinsi Papua, Wilhelmus Pigai, SH melalui sambungan telepon kepada Radar Timika, Rabu(1/7). 

Selain itu, Bupati Mimika yang terpilih melalui jalur independen itu dinilai kurang menjalin kerjasama yang baik dengan para stakeholder di daerah ini. 

Sejumlah pertemuan penting yang digelar para pimpinan daerah bahkan sangat jarang dihadiri bupati. Hal itu dibenarkan mantan Dandim 1710/Mimika, Letkol (Inf) Raffles Manurung. 

“Mungkin ada urusan lebih penting yang harus diikuti oleh bupati (Eltinus Omaleng) sehingga jarang ikut dalam pertemuan. Atau mungkin beliau mempertimbangkan hal-hal yang lebih besar ketimbang kumpul-kumpul begitu saja,” ujar Raffles kepada wartawan, Sabtu (20/6) lalu. 

Senin (29/6) lalu Eltinus sempat menggemparkan publik saat datang ke kantor Setneg yang berada di kompleks istana negara. Saat itu Eltinus datang untuk mendampingi warga Suku Amungme yang menuntut hak ganti rugi ulayat pada PT Freeport Indonesia. 

Yang bikin gempar adalah saat mendatangi Setneg, Eltinus memakai perhiasan emas yang dianggap berlebihan. Di tangan kanannya ada gelang berwarna emas berukuran cukup besar. Belum lagi jari tengah dan jari manis Eltinus melingkar cincin berwarnakan emas besar nan mengilat. Dua cincin itu bermatakan batu akik  merah tua dan hijau kehitaman.

TIMIKA – Lantaran dinilai terlalu banyak menghabiskan waktu berada di luar daerah, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE menuai kritikan. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News