Tidak Ada Kaitan Rusuh Tolikara dengan Kalbar

Tidak Ada Kaitan Rusuh Tolikara dengan Kalbar
Tidak Ada Kaitan Rusuh Tolikara dengan Kalbar

jpnn.com - PONTIANAK - Komando Daerah Militer XII Tanjungpura mengundang tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kalbar, Rabu (22/7) di Markas Kodam XII/Tpr di Kubu Raya, Kalbar.

Dalam kesempatan itu hadir Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Kalbar Sutadi, Ketua I FKUB Kalbar Ignatius Lyong, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalbar Hasyim Dahlan.

Kemudian, Ketua DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kalbar Pandita Kurnia Darmara, Perwakilan Keuskupan Agung Pontianak Pius Barces, Sekretaris Persekutuan Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Kalbar Filemon Sukardi, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalbar Putu Dupa Bandem.

Kepala Staf Kodam XII/Tpr Brigjen Aris Martono Haryadi mengatakan, pertemuan ini untuk menyikapi perkembangan persoalan di Tolikara, Papua. "Kami tidak menghendaki peristiwa itu terjadi di wilayah Kalbar dan Kalteng," kata jenderal bintang satu itu dalam jumpa pers usai pertemuan tertutup dengan FKUB Kalbar.

Kasdam mengimbau seluruh masyarakat Kalbar supaya tidak terprovokasi kejadian di Papua. Dia meyakinkan, apapun yang telah terjadi tentu akan ditangani profesional oleh aparat berwenang. "Serahkan persoalan ini kepada aparat berwenang. Masyarakat Kalbar tidak usah terprovokasi untuk ikut menyelesaikan masalah," kata Aris.

Ia pun meminta pihak-pihak yang tak mengetahui permasalahan tidak memberikan statemen yang meresahkan. Lebih jauh, Aris berharap agar komponen masyarakat sama-sama menjaga situasi dan kondisi kondusif yang telah terjalin selama ini.

"Tanggung jawab ini bukan hanya TNI dan Polri, tapi seluruh komponen masyarakat. Kita harus sama-sama jaga Kalbar selalu dalam keadaan kondusif," imbau Aris.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalbar, AKBP Arianto mengatakan, pascainsiden terbakarnya masjid di Tolikara bermunculan berita-berita di internet berbau provokatif. Isu provokasi itu menyebar luas tanpa dapat dibendung. Arianto mengimbau masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu provokatif yang dilontarkan orang tak bertanggungjawab.

PONTIANAK - Komando Daerah Militer XII Tanjungpura mengundang tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kalbar, Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News