Senator Minta Mendag Terus Lakukan Operasi Pasar

Senator Minta Mendag Terus Lakukan Operasi Pasar
Senator Minta Mendag Terus Lakukan Operasi Pasar

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Farouk Muhammad menilai operasi pasar yang dilakukan Kementerian Perdagangan selama dan saat Lebaran ternyata efektif menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan. Karena bermanfaat, Farouk berharap hal tersebut  dipertahankan.

"Diharapkan prestasi baik ini tetap dipertahankan sehingga rakyat dapat merasakan betul apa yang dilakukan pemerintah saat ini," kata Farouk Muhammad, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/7).

Senator asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mengatakan, selama ini banyak pihak meragukan efektivitas operasi pasar yang dilakukan Kemendag karena bersifat parsial dan reaktif.

"Ada yang kritik bahwa Kemendag seperti pemadam kebakaran, menjelang Lebaran baru lakukan operasi pasar, bikin pasar murah dan sebagainya. Ternyata apa yang dilakukan pemerintah itu efektif. Harga-harga stabil dan ketersediaan atau pasokan pangan aman," tegasnya.

Mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PITK) itu juga mengapresiasi Kemendag yang mampu memberantas mafia pangan, yang selama ini membuat harga-harga mahal karena menimbun barang kebutuhan pokok.

"DPD RI mengapresiasi Menteri Perdagangan Rachmat Gobel yang bisa mengendalikan harga dan distribusi barang serta memotong rantai mafia pangan, sehingga harga relatif stabil sejak Ramadan, lebaran dan pascalebaran," katanya.

Walaupun harga pangan relatif stabil di banyak daerah, Farouk melihat masih ada sejumlah daerah yang harga-harganya masih tinggi, kendati tidak terlalu signifikan.

“Itu terjadi karena distribusi barang belum merata ke seluruh daerah di Indonesia, yang pada akhirnya berdampak pada harga beberapa pangan di tingkat lokal. Tetapi pada umumya harga-harga stabil pascalebaran ini," pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Farouk Muhammad menilai operasi pasar yang dilakukan Kementerian Perdagangan selama dan saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News