70 Persen Pemudik Sudah Balik ke Ibukota

70 Persen Pemudik Sudah Balik ke Ibukota
Kemacetan di Tol Cipali. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Arus balik Lebaran 2015 sudah melewati masa puncaknya. Pos monitoring angkutan lebaran di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tadi malam memperkirakan sudah 70 persen lebih pemudik kembali ke Jakarta.

Akibatnya, jumlah penumpang di bandara, pelabuhan, dan stasiun kereta api sudah berangsur-angsur normal seperti hari biasa.
    
Ketua Posko Harian Pos Monitoring M. Popik Montanasyah menuturkan, catatan penting dalam pantauan angkutan Lebaran tahun ini adalah lonjakan luar biasa pada angkutan udara (pesawat terbang).

Terhitung sejak H-15 hingga H+4 lebaran, jumlah penumpang pesawat domestik mencapai 4.380.460 orang. "Terjadi peningkatan penumpang pesawat sekitar 7 persen," Popik di Jakarta tadi malam.
        
Seandainya tidak terjadi beberapa penutupan bandara akibat aktivitas vulkanik sejumlah gunung berapi, Popik memperkirakan, kenaikan jumlah penumpang pesawat bisa sampai 10 persen. "Namun penutupan bandara itu keputusan terbaik demi keselamatan penumpang," tambahnya.
         
Sebagai perbandingan, jumlah penumpang pesawat pada H-6 Lebaran tahun ini tercatat 217.590 orang. Sedangkan pada H-6 lebaran tahun lalu ada 179.414 orang (naik 21,28 persen). Kemudian pada H+3 lebaran tahun ini, jumlah penumpang pesawat ada 246.493 orang, padahal pada H+3 lebaran tahun lalu ada 207.790 orang (naik 18,6 persen).
            
Kemudian, catatan lainnya pada arus transportasi Lebaran 2015 adalah kendaraan yang melewati jalur pantai utara (pantura) memang tersedot masuk di tol Cipali (Cikopo-Palimanan). Indikasi dari tren tersebut adalah arus kendaraan di Sadang, Purwakarta arah Jakarta tahun lalu tercatat ada 39.903 unit kendaraan.

Pada lebaran tahun ini, di titik dan waktu yang sama, arus kendaraan susut drastis menjadi hanya 3.893 unit kendaraan. (wan/mia/kim)

 


JAKARTA - Arus balik Lebaran 2015 sudah melewati masa puncaknya. Pos monitoring angkutan lebaran di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tadi malam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News