Hari Ini Pelabuhan Belawan Masih Padat

Hari Ini Pelabuhan Belawan Masih Padat
Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BELAWAN - Diperkirakan, arus balik dari Pulau Jawa dan Batam ke Sumatera Utara melalui Pelabuhan Belawan pada H+9 lebaran Idul Fitri atau hari ini (Minggu), masih padat.  Penumpang kapal KM Kelud yang turun sesuai jadwal dan data manifes kapal sedikitnya mencapai 1.917 orang.

"Kami memprediksikan arus balik besok (Minggu, red), masih terlihat padat. Hal ini mengingat pada keesokan harinya, aktivitas belajar mengajar di sekolah sudah mulai berjalan normal kembali," kata, Munasir, Humas Syahbandar Pelabuhan Belawan, Sabtu (25/7) kemarin.

Dalam mengantisipasi kepadatan pemudik arus balik, pihak Syahbandar Belawan, Otoritas Pelabuhan Belawan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dan Polres Pelabuhan Belawan stand by di pos pengamanan (Pospam) untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang kapal yang tiba maupun berangkat.

"Untuk mencegah penumpang turun maupun yang akan berangkat saling berdesakan, telah disiapkan dua jalur pintu masuk dan keluar di terminal penumpang," ungkapnya.

Kepala PT Pelni Cabang Medan, Budi Santoso menyebutkan, arus balik kedatangan penumpang KM Kelud asal Tanjung Priok, Batam dan Tanjung Balai Karimun diperkirakan jumlahnya masih ramai. Begitu juga dengan penumpang kapal yang akan berangkat dari Belawan menuju Batam.

"Diprediksikan jumlah penumpang turun padat. Kapal akan tiba pada Minggu pagi, dan akan kembali berangkat tujuan Batam pada siang harinya dengan membawa 2.000-an penumpang," terang, Budi.
 
Sementara, Humas PT Pelindo I Cabang Belawan, Roswita mengatakan, untuk mempermudah para penumpang arus balik, pihaknya telah menyediakan jasa pelayanan transportasi bus gratis. Disamping, memberikan fasilitas kesehatan bagi pemudik arus balik.

"Transportasi bus gratis sudah dipersiapkan jauh hari sebelum arus balik. Jadi penumpang yang tiba di Pelabuhan Belawan akan diantar ke tempat tujuannya masing-masing," kata, Roswita.(rul)


BELAWAN - Diperkirakan, arus balik dari Pulau Jawa dan Batam ke Sumatera Utara melalui Pelabuhan Belawan pada H+9 lebaran Idul Fitri atau hari ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News