Alhamdulillah, Dana PSKS Bisa Hindarkan Rakyat Kecil dari Jerat Rentenir

Alhamdulillah, Dana PSKS Bisa Hindarkan Rakyat Kecil dari Jerat Rentenir
Alhamdulillah, Dana PSKS Bisa Hindarkan Rakyat Kecil dari Jerat Rentenir

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) ternyata tidak hanya membuat penerimanya bisa memanfaatkannya sebagai modal usaha. Sebab, banyak penerima dana PSKS yang terhindar dari jerat rentenir.

Menurut Khofifah, ada penerima dana PSKS yang memanfaatkannya untuk usaha kecil-kecilan dengan menjual makanan ataupun minuman.  "Saya tanya (dana PSKS) untuk apa, katanya mau jualan cendol. Saya tanya ibu yang lain lagi, katanya diambil semua untuk jual gorengan. PSKS ini kan harapannya bisa membangun kemandirian dan produktivitas keluarga," katanya.

Khofifah beberapa kali turun ke lapangan untuk mengikuti proses pengambilan dana Rp 600 ribu dari pemerintah untuk program perlindungan sosial itu. “Ketika saya tanya ada yang memang mengambil Rp 400 ribu, ada yang mengambil Rp 600 ribu, cukup banyak yang ambil Rp 600 ribu," katanya.

Khofifah pun tak mempersoalkan ketika penerima dana PSKS tak mengambil semua uangnya. Sebab, uang yang tak diambil itu bukan hanya aman tetapi juga bisa menjadi simpanan.

Namun, katanya, bagi penerima dana PSKS yang mengambil seluruh uangnya, sebaiknya dimanfaatkan untuk hal-hal produktif. Misalnya untuk memperbesar modal usaha, sehingga pendapatan yang dihasilkan dari usaha relatif lebih besar demi membangun kemandirian serta kehidupan mereka.

"Jadi, saya rasa tidak masalah, asalkan tetap pada membangun kemandirian, dan produktivitas kehidupan mereka, ini kan lebih baik daripada mereka menggunakan jasa rentenir," katanya.

Sejauh ini, lanjut Khofifah, dana PSKS yang diberikan sebesar Rp 600 ribu per tiga bulan kepada pemegang kartu perlindungan sosial (KPS) itu sudah tepat sasaran. Artinya, penerimanya adalah warga yang memang berhak karena tidak mampu.

"Ketika saya hadir pada peluncuran PSKS tahap kedua di Banten 1 April lalu, saya dengan teman-teman jurnalis mengecek apakah di sana ada masalah data. Kebetulan di lapangan kita tidak menemukan itu, sehingga  saya bilang clear,” katanya.

JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) ternyata tidak hanya membuat penerimanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News