Ekonomi Global Melambat, Ekspor pun Menurun

Ekonomi Global Melambat, Ekspor pun Menurun
Ekonomi Global Melambat, Ekspor pun Menurun. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA – Kondisi perekonomian global yang mengalami perlambatan dinilai menjadi pemicu utama penurunan ekspor Jatim sepanjang semester pertama tahun ini.

Pasalnya, kondisi ekonomi tersebut membuat negara-negara tujuan ekspor mengurangi pasokannya dari Indonesia.

“Kami menilai penyebab utama mengapa ekspor Jatim pada semester pertama ini turun, karena faktor ekonomi global. Sebab hampir semua negara tujuan terdampak perlambatan ekonomi global,” terang Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Jatim, Isdarmawan Asrikan seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Rabu (29/7).

Dari catatannya, hampir semua komoditas di Jatim saat ini mengalami penurunan ekspor. Baik kopi, komoditas perhiasan, kayu dan barang dari kayu.

Padahal, komoditas tersebut selama ini menjadi andalan untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan ekspor Jatim.

Berdasar data di Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, kinerja ekspor Jawa Timur dari Januari hingga Juni 2015 belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Secara kumulatif, nilai ekspor Jatim di semester pertama tahun ini turun mencapai 5,07 persen.

Jika semester pertama tahun lalu ekspor Jatim bisa mencapai USD 9.895,08 juta, maka pada semester pertama tahun ini hanya terealisasi USD 9.392,95 juta.

JPNN.com SURABAYA – Kondisi perekonomian global yang mengalami perlambatan dinilai menjadi pemicu utama penurunan ekspor Jatim sepanjang semester

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News