Genjot Revitalisasi Pasar Desa

Genjot Revitalisasi Pasar Desa
Marwan Jafar. Foto: dok.JPNN/Ist

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) menggenjot program revitalisasi pasar desa, agar mampu menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di tengah berjubelnya mini market yang masuk ke desa.

Pasar desa diharap mampu menangkal maraknya produk luar yang cenderung membuat masyarakat menjadi konsumtif bahkan menjadi 'korban pasar'.

"Produk dan hasil kerja masyarakat desa akan terwadahi dengan adanya pasar desa yang bagus, lengkap dan modern. Dengan begitu masyarakat desa tidak sekadar menjadi korban pasar. Namun menjadi pelaku pasar yang memiliki daya saing tinggi," ujar Menteri DPDTT, Marwan Jafar, Rabu (29/7).

Menurut Marwan, hasil karya masyarakat desa sebenarnya tidak kalah saing dengan produk luar negeri. Namun memang agar dapat berdaya jangkau luas, masyarakat desa perlu dibimbing dan diberi wadah yang baik lewat pasar yang berkualitas.

Jika tidak, Marwan khawatir  masyarakat desa hanya menjadi korban pasar, menyusul telah menjamurnya minimarket di berbagai pelosok desa.

"Ini (minimarket) memberi dampak besar terhadap aktivitas ekonomi di pasar desa, karena masyarakat lebih tergiur berbelanja di minimarket ketimbang ke pasar tradisional. Makanya kita tidak boleh kalah. Lakukan revitalisasi Pasar Desa menjadi pasar mewah, lengkap, dan modern," ungkap Marwan.

Mantan anggota DPR ini optimistis, jika pasar desa mampu menyediakan berbagai kebutuhan secara lengkap,  maka masyarakat akan lebih tertarik belanja ke pasar dari pada ke minimarket. Namun begitu menurutnya, alangkah lebih baik jika masyarakat tidak sekadar menjadi konsumen, namun juga dapat menjadi pelaku pasar. Karena pasar desa bisa menampung hasil kerja masyarakat untuk dijual.

"Bila perlu, siapa pun yang ingin mendapat barang bagus dan berkualitas maka datang ke pasar desa," ujar Marwan.(gir/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) menggenjot program revitalisasi pasar desa, agar mampu menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News