Benda Misterius Itu Hampir Dipastikan Puing MH370

Benda Misterius Itu Hampir Dipastikan Puing MH370
Pihak berwenang Prancis menyelidiki potongan yang diduga bagian dari pesawat. Foto: AFP

SECERCAH asa baru pencarian boeing 777 MH370 muncul usai ditemukannya benda yang diduga puing pesawat di Pulau Reunion, Samudra Hindia, Prancis. Pakar ilmu kelautan Australia menyatakan model arus laut konsisten dengan temuan potensi puing pesawat boeing 777.

Model arus laut konsisten dengan penemuan potensi puing-puing di daerah tropis, yang kira-kira berjarak 3.700 kilometer di utara-barat, kata para ahli oseanografi. Arus besar, yang bergerak berlawanan dengan arah jarum jam yang disebut pilin, mencakup sebagian besar bagian selatan dari 70,5 juta kilometer persegi Samudra Hindia.

Arus besar ini bergerak ke Timur Samudera Hindia di dekat Antartika, ke pantai Australia Barat dan ke arah barat di bawah khatulistiwa ke arah La Reunion dan Madagaskar, sebelum akhirnya berbelok ke selatan.

"Hasil dari model arus yang kami lakukan tahun lalu memprediksikan kemunculan puing pesawat ini dalam waktu 18-24 bulan setelah kecelakaan, itu merupakan kemungkinan puing pesawat itu akan berakhir di sekitar kawasan itu," kata Charitha Pattiaratchi, profesor ilmu kelautan pesisir dari Universitas Australia Barat.

Benda Misterius Itu Hampir Dipastikan Puing MH370

Titik asal puing itu "pasti akan berada di belahan bumi selatan, akan bergerak menuju ke timur, itu pasti akan mencakup area pencarian fisik yang dilakukan saat ini,” tambahnya.

Pencarian fisik pesawat MH370 yang saat ini baru rampung setengah dan telah mencakup 120.000 kilometer persegi dasar laut. Pemodelan yang dilakukan Pattiaratchi menunjukan puing-puing pesawat itu bisa tersapu jauh hingga ke barat Madagaskar dalam waktu dua tahun, atau juga tersapu jauh ke arah Timur hingga pesisir Tasmania atau lebih jauh lagi.

Dave Gallo, yang juga ikut memimpin pencarian untuk penerbangan Air France 447 yang jatuh itu di Samudera Atlantik pada tahun 2009 memperingatkan menelusuri kembali puing-puing yang tersapu ke daratan melalui model laut dapat menyesatkan peneliti.

SECERCAH asa baru pencarian boeing 777 MH370 muncul usai ditemukannya benda yang diduga puing pesawat di Pulau Reunion, Samudra Hindia, Prancis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News