Seniman Pembangkang Itu Akhirnya Dapatkan Paspornya Kembali

Seniman Pembangkang Itu Akhirnya Dapatkan Paspornya Kembali
Ai Weiwei. Foto: AFP

jpnn.com - BEIJING - Seniman pembangkang asal Tiongkok Ai Weiwei akhirnya bebas bepergian lagi setelah pihak berwenang mengembalikan paspornya setelah menahannya lebih dari empat tahun.

Pria berusia 57 tahun itu memposting foto dirinya dan dokumen pada Instagram, dan mengatakan polisi telah diberikan kepadanya pada hari Rabu.

Paspornya disita polisi Tiongkok pada tahun 2011 ketika ia ditahan selama 81 hari tanpa hukuman. Seniman itu mengatakan perjalanan pertamanya akan ke Jerman, di mana anaknya telah tinggal selama setahun terakhir disana.

Seniman Pembangkang Itu Akhirnya Dapatkan Paspornya Kembali

Dia mengatakan kepada Reuters meskipun ia secara hukum diperbolehkan untuk bepergian ke luar Tiongkok, mengunjungi negara-negara lain akan tetapi masih tergantung pada apakah mereka mengeluarkan visa untuknya. Tapi Ai menambahkan dia tidak begitu terkejut paspornya dikembalikan.

"(Pemerintah) mengatakan mereka akan mengembalikan paspor saya setelah beberapa tahun," katanya.

"Mereka tidak pernah mengatakan tidak akan memberikannya kepada saya, kecuali setelah berlangsung selama empat tahun."

Pertunjukan, yang akan mencakup karya signifikan dari tahun 1993 dan seterusnya - ketika Ai kembali ke Tiongkok setelah satu dekade di New York - juga akan menampilkan instalasi spesifik baru.

BEIJING - Seniman pembangkang asal Tiongkok Ai Weiwei akhirnya bebas bepergian lagi setelah pihak berwenang mengembalikan paspornya setelah menahannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News