Kenaikan Cukai Rokok Belum Tentu Efektif Genjot Penerimaan Negara

Pengamat Sarankan Pemerintah Gali Potensi Cukai di Luar Rokok

Kenaikan Cukai Rokok Belum Tentu Efektif Genjot Penerimaan Negara
Kenaikan Cukai Rokok Belum Tentu Efektif Genjot Penerimaan Negara

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat ekonomi Enny Sri Hartati menyarankan pemerintah benar-benar cermat dalam membuat kebijakan tentang cukai rokok. Peneliti di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) itu mengatakan, jangan sampai kenaikan cukai justru memicu maraknya rokok ilegal hingga mematikan industri resmi yang menyerap banyak tenaga kerja.

Enny mengatakan, menaikkan cukai tanpa memertimbangkan variabel lain justru bisa menurunkan pemasukan negara. Sebab, jangan sampai kebijakan menaikkan tarif cukai rokok yang harusnya untuk menggenjot pemasukan negara justru kontraproduktif.

“Ketika menaikkan cukai tak disertai infrastruktur jelas, hanya menaikkan tarifnya, tak mempertimbangkan variabel lain, yang terjadi adalah pendapatan cukai negara turun. Padahal konsumsi rokok itu sifatnya elastis, artinya orang rela tak makan asal bisa merokok. Artinya, kebijakan pemerintah (menaikkan cukai, red) justru mendorong rokok ilegal, kemudian produsen mati,” katanya usai diskusi di DPR RI, Selasa (4/8).

Enny mengingatkan bahwa industri hasil tembakau menyumbang 95 persen pendapatan negara dari cukai. Menurutnya, kondisi itu sebenarnya cukup miris karena Indonesia merupakan negara besar dengan banyak potensi pendapatan yang bisa digali dari penerapan cukai pada komoditas selain rokok.

Kenaikan Cukai Rokok Belum Tentu Efektif Genjot Penerimaan Negara

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati

“Tak masuk akal sebenarnya. Masa satu negara besar, cukainya tergantung dari perokok? Bagaimana sumber lain? Ini yang harus dibuka,” katanya.

Ia mengakui bahwa isu rokok selalu berkaitan dengan kesehatan. Kenaikan cukai pun ditujukan untuk mengendalikan produksi dan konsumsi rokok. Sebab, ketika harga rokok rendah maka target mengendalikan produksi dan konsumsinya pun tak tercapai.

JAKARTA - Pengamat ekonomi Enny Sri Hartati menyarankan pemerintah benar-benar cermat dalam membuat kebijakan tentang cukai rokok. Peneliti di Institute

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News