Enam Hari Hilang, 5 Nelayan Derawan Ditemukan di Filipina

Enam Hari Hilang, 5 Nelayan Derawan Ditemukan di Filipina
Enam Hari Hilang, 5 Nelayan Derawan Ditemukan di Filipina

jpnn.com - TANJUNG REDEB - Lima warga yang dikabarkan hilang sejak Minggu (2/8) saat hendak menuju ke Pulau Derawan dari Pulau Maratua, dikabarkan telah ditemukan oleh nelayan  di laut Filipina. Atau sekitar 126 mil dari Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Sabtu (8/8).

Kapolsek Tanjung Batu Iptu Ahmad Ismail mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan, apa benar yang ditemukan nelayan Filipina itu 5 warga Derawan yang sejak beberapa hari terakhir dicari. Pihaknya telah menghubungi Kantor Imigrasi Tanjung Redeb untuk memastikan kebenarannya.

“Kami belum bisa memastikannya sebelum ada pembuktian dari sumber yang benar-benar valid,” ungkap Kapolsek kepada Berau Post (Grup JPNN.com), Sabtu (8/8).

Dijelaskannya, informasi ditemukannya sebuah speedboot yang berisi 3 dewasa dan 2 anak-anak di laut Filipina itu, setelah salah satu anggota Orari di Kota Makkasar, Sulawesi Selatan, menerima panggilan dari nelayan asal Filipina tersebut.

“Informasinya kemarin (Jumat, Red) anggota Orari di Makassar itu kebetulan mengoperasikan radionya. Tak berselang lama ada panggilan yang tersambung dengan radionya yang ternyata dari nelayan tersebut, untuk memberitahu jika ia menemukan sebuah speedboat yang ditumpangi 5 warga negara Indonesia,” ungkapnya.

“Saat bercakap, anggota Orari di Makkasar ini meminta kepada korban untuk memberikan nomor kontak yang bisa mereka hubungi. Keesokan harinya sekitar jam 07.00 Wita, orang tersebut menghubungi nomor yang diberikan dan tersambung ke nomor milik salah satu anggota keluarga dari Ambi (motoris, Red) yang ada di Derawan,” jelasnya.

Terpisah, Camat Pulau Derawan Kudarat membenarkan adanya kabar penemuan lima warganya yang hilang tersebut. Pihak keluarga korban juga telah menghubungi keluarga mereka di Filipina untuk mencari kebenaran.

“Kami juga meminta bantuan TNI AL di Tarakan untuk membantu melakukan penjemputan,” kata Kudarat kemarin.

TANJUNG REDEB - Lima warga yang dikabarkan hilang sejak Minggu (2/8) saat hendak menuju ke Pulau Derawan dari Pulau Maratua, dikabarkan telah ditemukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News