Astaga, Ratusan Kades Belum Terima Gaji

Astaga, Ratusan Kades Belum Terima Gaji
Astaga, Ratusan Kades Belum Terima Gaji

jpnn.com - EMPAT LAWANG - Para kepala desa (kades) yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu sebanyak 101 kades belum menerima gaji. Namun dalam waktu dekat ini pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMP) Empat Lawang akan mencairkan gaji para kades tersebut. 

"Para kades nanti akan menerima gaji selama dua bulan, yakni Juni dan Juli. Bukan hanya para kades yang baru dilantik saja yang menerima gaji tapi semua kades, totalnya 147 kades menerima gaji secara serentak nantinya," ujar Kepala BPMPD Empat Lawang, M Azhari melalui Kabid PDK, Guntur Martandy belum lama ini. 

Lanjut Guntur, gaji para kades akan cair Agustus ini namun dia mengharapkan para kades untuk menunggu tanggal kepastiannya. Sebab gaji kades bukan seperti anggaran dana desa (ADD), tapi rutin. Sementara itu, salah satu kades yang namanya minta tidak disebut mengatakan, hampir dua bulan menjabat kades belum menerima gaji perdana. 

Padahal gaji pertamanya itu direncanakan untuk kebutuhan melengkapi segala sesuatu yang dibutuhkan saat melayani masyarakat. "Papan plang Kantor Kades saja saya buat apa adanya. Karena memang belum ada biaya untuk membuatnya sebagus mungkin. Kalau gaji sudah cair pasti saya buat bagus," katanya. 

Selain memang kondisi keuangan yang memang tidak memungkinkan karena baru saja mengeluarkan biaya besar untuk pencalonan dirinya pada Pilkades, gaji kades tersebut diharapkan secepatnya dicairkan oleh instansi terkait karena untuk melengkapi sarana dan prasana melayani masyarakat. 

"Gaji pertama ini bukan untuk keperluan pribadi, namun untuk kepentingan seperti alat tulis dan keperluan yang berhubungan pelayanan masyarakat. Karena kami baru menjabat dan memerlukan peralatan administrasi di kantor desa," pungkasnya. (eno)


EMPAT LAWANG - Para kepala desa (kades) yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu sebanyak 101 kades belum menerima gaji. Namun dalam waktu dekat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News