Hmmm... Ternyata Ini Alasan Jokowi Ganti Menteri

Hmmm... Ternyata Ini Alasan Jokowi Ganti Menteri
Pelantikan 5 menteri baru dan 1 pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Rabu (12/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya merombak Kabinet Kerja. Sampai dengan pelantikan menteri-menteri baru Rabu (12/8) siang, Jokowi -sapaannya- tak secara langsung membeber alasan di balik keputusannya merombak kabinet.

Namun, menurut Mensesneg Pratikno, reshuffle itu didasari pada kebutuhan untuk menghadapi dinamika di tingkat nasional dan global. Terutama karena kondisi ekonomi yang memburuk sehingga membutuhkan respon cepat.

“Dinamika ekonomi yang membutuhkan rekonstruksi yang sangat cepat dari pemerintah. Karena itu presiden merasa perlu melakukan terobosan percepatan kerja-kerja kabinet. Intinya adalah bahwa ada perkembangan situasi yang membutuhkan  personel sesuai kebutuhan,” ujar Pratikno usai menghadiri pelantikan para menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8)

Pratikno menjelaskan, okowi secara pribadi sudah mengucapkan terima kasih pada para menteri yang dicopot dari jabatannya. Yaitu Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri PPN/Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Seskab Andi Widjajanto dan Menko Maritim Indroyono Soesilo.

“Mereka adalah orang-orang yang penuh dedikasi keras. Tapi perkembangan keadaan mengharuskan presiden membuat langkah baru termasuk pergantian menteri,” imbuh Pratikno.

Selain itu Pratikno juga mengatakan, Jokowi berharap dari perombakan kabinet itu para menteri baru akan membantu mempercepat pemerintah memperbaiki kinerja. Terutama agar efektif dan efisien bekerja dan makin meningkatkan hubungan di luar negeri dan pasar internasional.

(Baca: Pengamat sebut Reshuffle Hanya Kompromi Politik)

(Baca: Pramono Minta Izin Megawati Sebelum Terima Tawaran Jokowi)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya merombak Kabinet Kerja. Sampai dengan pelantikan menteri-menteri baru Rabu (12/8) siang, Jokowi -sapaannya-

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News