10 Bulan Buron, Pencuri Motor Mahasiswi Cantik Tertangkap

10 Bulan Buron, Pencuri Motor Mahasiswi Cantik Tertangkap
BERSAMA BARANG BUKTI: Didik Meong yang diamankan di Mapolres Balikpapan. Foto: NUR AENI/KALTIM POST/JPNN

jpnn.com - BALIKPAPAN - Pelarian Didik Meong (29) akhirnya terhenti. Tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) Honda Scoopy milik seorang mahasiswi Universitas Balikpapan (Uniba) ini ditangkap setelah 10 bulan buron oleh anggota Satuan Reskrim Polres Balikpapan.

Didik diringkus kemarin (13/8) dini hari, saat tidur di kediamannya, Sepinggan, Balikpapan Selatan. Tak ada perlawanan saat polisi mengamankannya ke Mapolres Balikpapan. Kepada awak media, Didik mengakui telah mencuri kendaraan roda dua ini, 24 September 2014 lalu.

“Saya mencuri, karena pada saat itu di perusahaan (swasta) saya bekerja ada pengurangan karyawan. Untuk memenuhi keperluan hidup, motor curian itu saya gadaikan Rp 2 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Balikpapan, AKP Damus Asa menjelaskan, modus dari tersangka mencuri motor ini dengan menduplikat kunci asli dari kendaraan tersebut. Kebetulan, korban dan tersangka merupakan teman kerja.

“Pencurian itu memang sudah direncanakan tersangka. Dia (Didik) meminjam motor korban, lalu digandakan kuncinya. Saat motor digunakan korban kuliah, baru tersangka mengambilnya di halaman parkir Uniba. Waktu ambil, enggak ada yang curiga. Karena korban, kuliahnya malam,” imbuhnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini Didik harus merasakan dinginnya hotel prodeo Mapolres Balikpapan.

Kasus pencurian yang dilakukan Didik, jelas saja menambah daftar panjang pengungkapan kasus curanmor di Kota Minyak. Menurut data gabungan dari Polres dan Polsek yang diperoleh Kaltim Post (Grup JPNN.com), selama enam bulan terakhir tahun ini sedikitnya kepolisian di Kota Minyak berhasil mengungkap 143 kasus curanmor. Angka ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu, periode sama sebanyak 207 kasus. (*/en/rom/k15)

 


BALIKPAPAN - Pelarian Didik Meong (29) akhirnya terhenti. Tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) Honda Scoopy milik seorang mahasiswi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News