DPC Hanura Bantah Peras Calon Kada Papua

DPC Hanura Bantah Peras Calon Kada Papua
jpnn

jpnn.com - PAPUA - Tudingan terhadap kader Hanura berinisial AK yang dianggap melakukan pemerasan pada calon kepala daerah di Papua mendapat bantahan. Salah satu kader Hanura Papua mengatakan, tudingan itu tidak benar.

“Itu tidak benar. Sebab, kami melakukan fit and proper test saat merekrut calon kepala daerah,” terang kader itu, Kamis (20/8).

Dia mengatakan, DPC memiliki kewenangan untuk melakukan rekrutmen calon kada. Setelah itu, DPC menyerahkan calon yang diusulkan ke DPP. Di sana sudah ada tim rekrutmen dan seleksi calon kada.

Nah, DPP bertugas melakukan verifikasi atas usulan DPD dan DPC berdasarkan tiga kriteria. Salah satunya ialah popularitas dan elektabilitas. Selain itu juga dilihat mesin partai atau koalisi.

“Yang ketiga ialah bagaimana dia menggerakkan mesin partai untuk bisa menang dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki oleh yang bersangkutan,” tambahnya.

Dia mengatakan, partai membuat keputusan berdasarkan kriteria yang dijadikan acuan untuk merekomendasikan calon yang dianggap layak maju.

“Tudingan bahwa kami menentukan pilihan karena faktor tertentu, bahkan sampai dituduh memeras adalah fitnah,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihak tertentu yang merasa calonnya tidak lolos tentu tak puas. Dia membantah sudah melakukan pemerasan sebesar Rp 500 juta seperti yang dituduhkan.

PAPUA - Tudingan terhadap kader Hanura berinisial AK yang dianggap melakukan pemerasan pada calon kepala daerah di Papua mendapat bantahan. Salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News