Kabut, Jarak Pandang di Laut 30 Meter

Kabut, Jarak Pandang di Laut 30 Meter
Kabut, Jarak Pandang Dilaut 30 Meter: Pemandangan berbeda tampak terlihat di sepanjang pelabuhan di kota kualatungkal, Jum'at (21/8) kemarin pagi kabut luar biasa tampak pekat menyelimuti perairan kualatungkal. Biasanya jarak pandang jauh terlihat kini hanya tersisa puluhan meter saja. Hal tersebut tentu membahayakan mode transportasi laut yang ada di Kabupaten Tanjabbar menuju daerah dalam kabupaten ataupun luar propinsi.foto: Gatot Sunarko-Jambi ekspres

jpnn.com - KUALATUNGKAL - Pemandangan berbeda tampak terlihat di sepanjang pelabuhan di kota Kualatungkal, Jambi Jum'at (21/8) pagi. Kabut luar biasa tampak pekat menyelimuti perairan Kualatungkal. Biasanya jarak pandang jauh terlihat kini hanya tersisa puluhan meter saja. Hal tersebut tentu membahayakan mode transportasi laut yang ada di Kabupaten Tanjabbar menuju daerah dalam kabupaten ataupun luar propinsi.

Seperti dituturkan Bang Kadir salah seorang penjaga di loket PT Karya budi bidang transportasi laut. Pihaknya kini mengira jarak pandang hanya 30 meter saja, data itu didapatinya dari para nahkoda speedboat yang ada di perusahaannya.

"Jarak pandang berkurang. Sekitar 30 meter, Aku bilang dengan supir jangan terlalu ngebut. Bahanya," bebernya kepada Jambiekspres di pelabuhan LLASDP pagi Jum'at.

Ia mengatakan, dengan berkurangnya laju kecepatan speed boat yang dimiliki perusahaannya, kini biasanya perjalanan ke Tembilahan yang hanya menempuh waktu dua jam jadi 3 jam.

"Biasanya dua jam ketembilahan bisa 3 jam ke Tembilahan. Yang penting keselamatan penumpang kita utamakan," 

Tentu kata dia hal tersebut merugikan pihak perusahaan, karena dengan bertambahnya waktu perjalanan, otomatis ongkos minyak juga bertambah.

"Kita siapkan minyak cadangan untuk perjalanan, kala tarif kita tidak naikkan Rp 110 ribu lah masih kalau ke Tembilahan," pungkasnya.

Sementara itu, kepala UPTD Pelabuhan Sungai, N Manalu mengatakan kabut asap ini terjadi beberapa hari terakhir, kata dia terutama pagi-pagi. Pada jarak pandang memang pendek.

KUALATUNGKAL - Pemandangan berbeda tampak terlihat di sepanjang pelabuhan di kota Kualatungkal, Jambi Jum'at (21/8) pagi. Kabut luar biasa tampak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News