Ratusan Pendaki Gunung Merbabu Kecele

Ratusan Pendaki Gunung Merbabu Kecele
radar kedu

jpnn.com - MAGELANG - Sejak terjadi kebakaran, Taman Nasional Gunung Merbabu secara resmi telah menutup semua jalur pendakian. Bukan tidak mungkin pihak pengelola gunung akan menindak pendaki yang nekat memasuki kawasan hutan tanpa izin. Kondisi ini membuat sejumlah pendaki kecele. Beberapa di antara mereka tertahan di pintu masuk menuju ke jalur pendakian.

”Kami sudah berada di sini sejak kemarin (20/8) tapi tahu-tahu jalur ditutup,” kata Setyo Purnomo, 25, pendaki asal Semarang saat ditemui di pos pendakian Dusun Swanting Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan, kemarin.

Dia mengaku datang bersama rekan-rekannya. ”Tadi malam sudah banyak yang datang tapi akhirnya pulang lagi,” ungkapnya.

Dari laporan sejumlah relawan di empat pos pendakian baik di Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang dan Boyolali, ada ratuan pendaki yang tertahan di pintu masuk. Mereka memang dilarang untuk melakukan pendakian selama proses pemadaman belum seelsai.

Wawan, petugas Balai Konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu memastikan pihaknya masih berkonsentrasi pemadaman api di empat titik. ”Kami instruksikan untuk menutup semua jalur pendakian ke puncak gunung Merbabu mulai tadi sore,” beber Wawan. (vie)

 


MAGELANG - Sejak terjadi kebakaran, Taman Nasional Gunung Merbabu secara resmi telah menutup semua jalur pendakian. Bukan tidak mungkin pihak pengelola


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News