Rupiah Tembus Rp14 Ribu, Beginilah Tanggapan Gubernur BI

Rupiah Tembus Rp14 Ribu, Beginilah Tanggapan Gubernur BI
Agus Martowardojo. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hari ini menyentuh level Rp14.000 per USD. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus  Martowardojo mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah tidak terlepas dari ketidakpastian ekonomi dunia.

Pasalnya tekanan nilai tukar rupiah yang tengah terjadi tidak bisa dipisahkan dari perkembangan ekonomi dunia. Pasar juga melihat perkembangan ekonomi Indonesia yang sedang dilanda perlambatan.

"Saat ini kondisi perekonomian dunia penuh ketidakpastian. Contohnya saja hari ini ada global sell off. Sehingga pelaku pasar, khususnya pasar modal, hampir seluruhnya melepas saham mereka. Tentu ini berdampak," ujar Agus di Jakarta, Senin (24/8).

Meski demikian, mantan menteri keuangan ini mengaku bahwa dirinya terus mengikuti perkembangan nilai tukar rupiah. Agus juga memastikan, pihaknya terus berada di pasar keuangan agar kondisi rupiah tidak semakin parah.

"Eksportir sekarang sudah saatnya lepas valuta asing agar supply dan demand seimbang, supaya nilai tukar tidak tertekan. Sesuai UU kami akan jaga stabilitas rupiah," pungkas Agus. (chi/jpnn)

JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hari ini menyentuh level Rp14.000 per USD. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus  Martowardojo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News