Berapa Keuntungan SCTV Tayangkan Elif?

Berapa Keuntungan SCTV Tayangkan Elif?
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - KEBERHASILAN program tertentu di satu stasiun televisi umumnya akan menyebar ke stasiun lainnya. Hal itu sudah biasa terjadi dalam persaingan industri televisi.

SCTV, misalnya, mengandalkan Elif, serial bergenre romantis dan keluarga. Itu adalah satu-satunya opera sabun asal Turki yang tayang di SCTV, namun sukses menarik jutaan pemirsanya di Indonesia.

General Manager Programming Acquisition SCTV Benardi Rachmad mengatakan, Elif memiliki tren yang sangat tinggi sebagai program tayangan hiburan. Sebagai bukti, dia mengatakan bahwa serial drama tersebut telah meraup share 20 persen hingga pernah mencapai 29 persen sejak pertama tayang pada akhir Maret 2015 dan berakhir pada 7 Agustus 2015. "Dan Elif pernah mendapatkan rating tertinggi 3,8," kata Benardi.

Perolehan share dan rating tersebut, menurut Benardi, mengungguli program lain yang tayang pada prime time. Melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk terus menonton serial yang dibintangi si kecil Damla Guvenilir dan kawan-kawan tersebut, kata Benardi, pihaknya bersedia kembali menayangkan ulang (rerun) Elif.

Rating menunjukkan jumlah penonton televisi pada sebuah acara di waktu tertentu. Sedangkan share memperlihatkan persentase penonton pada waktu tertentu dibanding total pemirsa di semua channel.

Lalu, berapa ongkos yang harus dikeluarkan pihak SCTV untuk menghadirkan serial drama Elif episode per episode ke rumah-rumah para pemirsa di Indonesia? Benardi mengungkapkan bahwa ongkosnya tidak murah.

"Kami beli Elif per episodenya USD 2 ribu hingga USD 3 ribu (Rp 24 juta hingga Rp 36 juta dengan kurs Rp 12 ribu, Red). Itu kami beli hak siar sekaligus untuk beberapa kali tayang," bebernya.

Artinya, SCTV tidak perlu kembali mengeluarkan uang untuk menayangkan ulang Elif ke tengah masyarakat. Bagaimana raupan keuntungan yang diperoleh SCTV dengan menayangkan Elif? Ditanya soal itu, Benardi masih malu-malu. "Wah, kalau yang itu jangan. Yang penting untung lah," elak dia. (nor/and/dod/c9/sof)

KEBERHASILAN program tertentu di satu stasiun televisi umumnya akan menyebar ke stasiun lainnya. Hal itu sudah biasa terjadi dalam persaingan industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News