Mau Cepat Sembuh, Dengar Musik Ini...

Mau Cepat Sembuh, Dengar Musik Ini...
Ilustrasi. Foto: Istimewa

jpnn.com - MENDENGARKAN musik sebelum, selama atau setelah operasi, secara signifikan dapat menurunkan kecemasan dan rasa nyeri pada pasien. Sehingga kebutuhan pasien akan obat nyeri pun berkurang. 

Demikian temuan terbaru tim peneliti yang dipimpin Dr. Catherine Meads baru-baru ini. Tim Meads mengkaji data dari 72 studi yang melibatkan hampir tujuh ribu pasien. 

"Pasien yang mendengarkan musik sebelum operasi, cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mereka yang melakukannya selama atau setelah operasi," kata Dr. Catherine Meads, seperti dilansir laman Health, Minggu (30/8).

"Musik merupakan hal yang harus ada bagi semua orang yang menjalani operasi. Pasien harus diizinkan untuk memilih jenis musik yang mereka ingin dengar agar mereka cepat pulih," tambah Meads.

Satu-satunya peringatan adalah agar musik tidak mengganggu komunikasi tim medis. Jadi, apapun selera Anda, ternyata musik bisa membantu Anda pulih dari operasi lebih cepat. (fny/jpnn)

MENDENGARKAN musik sebelum, selama atau setelah operasi, secara signifikan dapat menurunkan kecemasan dan rasa nyeri pada pasien. Sehingga kebutuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News