Tak Kuat Menanjak, Bus Rombongan Siswa SMK Mandiri Terguling di Cibodas

Tak Kuat Menanjak, Bus Rombongan Siswa SMK Mandiri Terguling di Cibodas
Tak Kuat Menanjak, Bus Rombongan Siswa SMK Mandiri Terguling di Cibodas

jpnn.com - CIANJUR - Duh, sial betul nasib rombongan pramuka dari SMK Bina Karya Mandiri II, Rawalumbu, Kota Bekasi ini. Bus yang mengangkut mereka menuju Kebun Raya Cibodas mengalami kecelakaan, lantaran tak kuat menanjak di Jalan Raya Cibodas, tepatnya di Kampung Sampay, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Senin (31/8). Bus terguling. Delapan korban mengalami luka-luka.

Bus bernopol AD 1235 HA berwarna hijau khas bus tentara itu dikemudikan anggota TNI berpangkat Praka. Namun, kepolisian memastikan bus tersebut merupakan kendaraan pribadi, bukan milik TNI. "Sopirnya mengaku anggota TNI berpangkat Praka. Masih didalami PM (Polisi Militer) Subden Cianjur," ungkap Kapolres Cianjur AKBP Guntur Rahayu.

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Cianjur (Radar Bekasi Group), sekitar pukul 10.30, bus bernomor polisi AD 1235 HA itu tidak mampu melewati tanjakan di Kampung Sampay. Sehingga bus yang bertujuan ke Cibodas ini malah terguling, menghantam sebuah tiang listrik dan satu orang pengendara motor.

Indra Ardiansyah (34) salah seorang saksi mata mengaku, bus berwarna hijau militer itu hendak menuju Cibodas. Sebelum terguling, bus sempat tidak terkendali. "Alhasil, bus malah mundur sekitar  100 meter dan sempat menambrak sepeda motor yang berada di belakangnya," tuturnya, kemarin (31/8).

Setelah itu warga sekitar langsung melakukan evakuasi para pelajar yang berada di dalam bus tersebut. Saat proses evakuasi berlangsung sempat terjadi kemacetan yang lumayan panjang di jalur wisata tersebut. "Saat dievakuasi sejumlah penumpang mengalami shok dan luka-luka," jelasnya.

Pihaknya, dibantu warga lainnya dan petugas kepolisian langsung membawa korban yang mengalami luka-luka. Sedangkan korban selamat dibawa ke Cibodas. "Di sana rombongan bus lainnya sudah sampai terlebih dahulu, dan yang celaka ini ternyata rombongan bus terakhir," ujarnya.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Didin Jarudin menjelaskan, tujuh penumpang bus mengalami luka serius, dan dua pengemudi sepeda motor turut pula menjadi korban. "Seluruh korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Cimacan," paparnya.

Diakuinya, bus itu tidak kuat melakukan tanjakan hingga akhirnya mundur lagi dan terbalik. Pihaknya akan menyelidiki apakah bus tersebut layak operasi atau tidak. "Kecelakaan ini sempat mengganggu arus lalu lintas. Pasalnya bus ini yang terbalik ke arah kiri langsung memotong badan jalan. Setidaknya perlu tiga kendaraan derek untuk mengevakuasi bus tersebut. Setelah dua jam, bus akhirnya dapat dievakuasi," terangnya.

CIANJUR - Duh, sial betul nasib rombongan pramuka dari SMK Bina Karya Mandiri II, Rawalumbu, Kota Bekasi ini. Bus yang mengangkut mereka menuju Kebun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News