Dana Noordin Dari Osama

Dana Noordin Dari Osama
Dana Noordin Dari Osama
JAKARTA - sebuah sumber di kepolisian mengungkapkan bahwa pendanaan Bom Marriott dan Ritz-Carlton beberapa waktu lalu tetap bersumber dari Osama Bin Laden. "Jalurnya bisa melalui Arab Saudi, dan kemudian lewat jaringan militan di Malaysia," kata sebuah sumber di kepolisian.

   

Dipercaya, dua orang yang ditangkap di kuningan pekan lalu, Ali Mohammad Abdillah dan Iwan Hendiansyah, mempunyai keterkaitan di bidang penyaluran pendanaan tersebut. "Hanya, sejauh apa perannya, kami masih mendalaminya," tambahnya. Sumber itu menyebutkan keduanya diamankan di Rutan Kelapa Dua untuk pemeriksaan lebih intensif.

   

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang anggota JI senior yang tak mau disebutkan namanya. "Ini terutama setelah pendanaan serangan bom pasca Bom Bali I, " ucapnya, seraya mewanti-wanti namanya tak disebutkan. Sebelum Bom Bali I, pendanaan dari Al-Qaeda dilewatkan melalui Ali Ghufron dan Hambali, dua key person Jamaah Islamiyyah yang punya akses langsung ke Osama Bin Laden.

   

Kabarnya, untuk Bom Bali I, Osama Bin Laden mengirimkan dana sebanyak USD 30 ribu (sekitar Rp 300 juta). Padahal, dalam prakteknya, pelaksanaan Bom Bali I tersebut "hanya" menghabiskan sekitar Rp 160 juta-an. "Itu pun penggunaannya tergolong boros. Banyak item belanja yang seharusnya tidak dipakai," tuturnya. 

   

JAKARTA - sebuah sumber di kepolisian mengungkapkan bahwa pendanaan Bom Marriott dan Ritz-Carlton beberapa waktu lalu tetap bersumber dari Osama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News