Wacana Pembentukan Panja Gula Bergulir

Wacana Pembentukan Panja Gula Bergulir
DPR RI / JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketidakjelasan neraca gula nasional membuat pimpinan dan anggota Komisi VI DPR menggulirkan wacana pembentukan panitia kerja (Panja) gula. Pasalnya, kebutuhan gula di dalam negeri dengan kebijakan impor tak seimbang.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan mengkritik tajam Menteri Perdagangan Thomas Lembong dalam rapat kerja pada Senin malam (28/9) menyangkut kebijakan impor gula. Berkali-kali pihaknya meminta data neraca gula sejak dulu, tapi hingga kini tak kunjung jelas. Kemendag belum memberikan data konfrehensif soal ini.

Faktanya, impor gula yang pada tahun ini sudah mencapai 2,2 juta ton telah menyengsarakan petani. Ironisnya, target impor itu malah akan ditingkatkan hingga 3,12 juta ton.

Dalam raker tersebut politisi Partai Gerindra itu mengatakan Kemendag tidak pernah memberikan solusi terkait persoalan itu.

“Kami sudah sering meminta neraca gula. Tapi tidak ada solusinya. Ini contoh kasus kecil. Kami usulkan kepada pimpinan untuk tidak tanggung-tanggung membentuk Panja gula supaya jelas dan transparan, apa yang sesungguhnya terjadi," kata Heri. (fat/jpnn)


JAKARTA - Ketidakjelasan neraca gula nasional membuat pimpinan dan anggota Komisi VI DPR menggulirkan wacana pembentukan panitia kerja (Panja) gula.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News