Ini Perkiraan Harga Baru BBM Jenis Premium dan Solar

Ini Perkiraan Harga Baru BBM Jenis Premium dan Solar
SPBU. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki mengakui penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bakal masuk paket kebijakan 3, yang merupakan bagian dari upaya mendorong daya beli masyarakat. Meski demikian keputusan diserahkan sepenuhnya pada Pertamina.

"Opsinya, apakah menurunkan di bawah harga pasar sehingga harus disubsidi (oleh Pertamina) atau menghapus PPN (pajak pertambahan nilai)," katanya di Istana Negara, kemarin (6/10).

Berdasar informasi yang dihimpun, penurunan harga BBM dengan efisiensi Pertamina diperkirakan ada di kisaran Rp 200 - 300 per liter dari harga saat ini, yakni Rp 7.400 per liter untuk premium dan Rp 6.900 per liter untuk solar.

Karena itu, jika pemerintah ingin angka penurunan yang lebih besar, maka Pertamina mengusulkan agar PPN sebesar 10 persen dihapus atau dikurangi, sehingga penurunan harga bisa mencapai kisaran Rp 500 - 700 per liter.

BACA: Harga BBM Turun Hanya Dua Bulan, Terus Naik lagi, buat Apa?

BACA: Harga BBM Turun Bakal Sia-sia jika...

Selain premium dan solar untuk transportasi, harga BBM untuk pelanggan industri juga dimungkinkan turun meski sedikit. (owi/dyn/ken/wir)

 

JAKARTA - Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki mengakui penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bakal masuk paket kebijakan 3, yang merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News