Ini Terobosan Anyar FIA untuk Keselamatan Pembalap F1

Ini Terobosan Anyar FIA untuk Keselamatan Pembalap F1
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON- FIA selaku federasi otomotif internasional terus mengkaji wacana perancangan kokpit tertutup untuk mobil Formula 1. Pilihan sudah mengerucut pada tiga alternatif. Jika serangkaian uji coba berhasil dilewati, elemen tersebut akan mulai diberlakukan pada 2017.

Direktur Keselamatan FIA Laurent Mekies menjelaskan tiga alternatiF tersebut. Konsep pertama adalah kanopi yang bisa dibuka ke depan. Kedua penutup kokpit yang bisa dibuka dari tengah. Ketiga adalah usulan Mercedes berbentuk rangka melingkar dari depan ke samping kepala pembalap dengan bagian atas yang tetap terbuka.

Tiga alternatif tersebut diperas dari sejumlah tes yang dilakukan FIA setelah insiden Jules Bianchi di Suzuka, Jepang 2014. Dari ketiganya belum ada yang dianggap gagal dalam uji keselamatan. Karena itu, semua opsi masih dipertahankan.

“Kami ingin memastikan dulu mana dari tiga konsep tersebut yang paling efektif melidungi pembalap dari bahaya,” terang Mekies di laman Autosport. (cak/jos/jpnn)


LONDON- FIA selaku federasi otomotif internasional terus mengkaji wacana perancangan kokpit tertutup untuk mobil Formula 1. Pilihan sudah mengerucut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News