Tuhan Turun Tangan, Kualitas Udara di Kota yang Tertutup Asap Membaik

Tuhan Turun Tangan, Kualitas Udara di Kota yang Tertutup Asap Membaik
Ilustrasi. FOTO: dok/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Udara di beberapa kota yang sejak dua bulan lalu tertutup asap kini berangsur membaik. Tuhan ikut campur tangan dengan menurunkan hujan. 

"Hujan mulai merata di Sumatera dan Kalimantan lima hari terkahir ini," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. 

Kini jumlah hot spot turun serta jarak pandang dan kualitas udara membaik secara signifikan 

Jika sebelumnya kualitas udara di banyak wilayah berada di level berbahaya, kemarin sore sudah banyak yang berubah menjadi baik hingga sedang. 

Meskipun, beberapa daerah masih berada di level tidak sehat. Di Pekanbaru, indeks standar pencemar udara (ISPU) berada di angka 21,12 (baik). Kemudian, Jambi 135,16 (sedang), Palembang 222, 9 (tidak sehat). Lalu, untuk wilayah Kalimantan, di Pontianak 57,72 (sedang), Samarinda 59,19 (sedang), dan Palangka Raya 103,42 (sedang). "Untuk wilayah Banjarbaru, alatnya sedang rusak, namun dipastikan di sana kondisinya sedang," ungkapnya.

Hingga kemarin, hujan terpantau di beberapa wilayah dengan intensitas rendah hingga tinggi. 

Di Riau hujan turun secara merata dengan intensitas tinggi. Kemudian, Kota Palembang memiliki intensitas sedang, Kota Pangkal Pinang intensitas ringan hingga sedang, dan sisanya hanya mengalami hujan ringan. 

Begitu juga dengan wilayah Kalimantan yang memiliki intensitas hujan ringan.

JAKARTA - Udara di beberapa kota yang sejak dua bulan lalu tertutup asap kini berangsur membaik. Tuhan ikut campur tangan dengan menurunkan hujan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News