Hiii... Ular Langka Tiba-tiba Muncul dan Mendekat

Hiii... Ular Langka Tiba-tiba Muncul dan Mendekat
Ular langka. FOTO: ist

jpnn.com - BENGKULU – Warga Pulau Enggano, Bengkulu, dikejutkan dengan munculnya seekor ular langka yang telah menghilang dan tak pernah terlihat selama 80 tahun lamanya. Kini ular langka itu tiba-tiba muncul di hutan pulau Enggano.

Peneliti herpetologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, menemukannya saat melakukan ekspedisi penelitian pada 16 April-5 Mei 2015 lalu.

Amir mengatakan bahwa ia tak sengaja menemukan ular langka itu. Ular tikus ini sebenarnya spesies Coelognathus enganensis, ular ini adalah ular yang sulit untuk dijumpai hampir di seluruh dunia.

“Malam hari itu, saya sedang melakukan penelitian di pinggir hutan. Tiba-tiba ular itu mendekat kemudian saya tangkap dan amati, ternyata ular yang sudah 80 tahun tak terlihat,” tutur Amir kepada wartawan, Kamis (5/11).

Ular ini pertama kali ditemukan pada tahun 1872 oleh peneliti Italia, Elio Modigliani. Ular bernama latin C enganensis ini dikoleksi juga di Museum Zoologi, Kebun Raya Bogor.

(zul/pojoksatu)


BENGKULU – Warga Pulau Enggano, Bengkulu, dikejutkan dengan munculnya seekor ular langka yang telah menghilang dan tak pernah terlihat selama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News