Bantu Perkuat Pemasaran Hasil Pertanian Lokal agar Bisa Bersaing di Kancah Global

Bantu Perkuat Pemasaran Hasil Pertanian Lokal agar Bisa Bersaing di Kancah Global
Bantu Perkuat Pemasaran Hasil Pertanian Lokal agar Bisa Bersaing di Kancah Global

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Tyasno Sudarto menyatakan, produksi pertanian lokal harus diperkuat. Menurutnya, upaya memperkuat produksi pangan lokal itu juga dengan membantu pemasarannya.

Tyasno menyampaikan hal itu di Jakarta, Kamis (12/11), terkait rencana penyelenggaraan pameran produk pertanian bertema “Pangan Lokal Kualitas Global“ hasil kerja sama Yayasan Kedaulatan Pangan Nusantara (YKPN) yang dipimpinnya dengan Kementerian Pertanian pada 20-21 November mendatang. “Sektor pertanian dalam negeri memang harus terus diperkuat dan ditingkatkan kualitas serta kuantitas produksinya agar dapat bersaing dengan produk negara lain,” katanya.

Tyasno menegaskan, banyak produk pertanian Indonesia yang sebenarnya sangat unggul. Hanya saja, katanya, sosialisasi dan pemasarannya masih kurang.

Menurut Tyasno,  harus ada upaya dari berbagai pihak untuk membantu pemasaran produk pertanian lokal. Terlebih, sebentar lagi Indonesia juga akan memasuki  Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Tyasno menjelaskan, pameran produk pertanian yang akan diselenggarakan di kantor Kementan, Jakarta Selatan pada pekan depan itu juga untuk membantu para petani lokal memasarkan produknya. Karenanya, YKPN sengaja mengundang para petani, pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) bidang pertanian, serta para pemangku kepentingan lainnya untuk terlibat dalam pameran itu.

Rencananya, dalam pameran yang akan diikuti lebih dari 100 kelompok tani itu akan digelar berbagai produk-produk pertanian lokal yang bisa jadi unggulan. “Kami ingin memfasilitasi pelaku usaha dalam memasarkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah,” tuturnya.(ara/JPNN)

 


JAKARTA - Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Tyasno Sudarto menyatakan, produksi pertanian lokal harus diperkuat. Menurutnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News