Isu Terhangat Dunia...Ini Tips Menangkal Terorisme Ala Jokowi

Isu Terhangat Dunia...Ini Tips Menangkal Terorisme Ala Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto: Dok.JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Belakangan ini, semenjak tragedi Paris, terorisme menjadi isu paling hangat di dunia. Di hadapan para pemimpin dari berbagai penjuru dunia, Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan resep penangkalnya. 

Dalam menghadapi masalah terorisme, sebagaimana disampaikan Jokowi dalam sesi Working Dinner Session KTT G-20 di Turki saat membahas Terrorism and Refugee Crisis, terlebih dahulu harus menyelesaikan akar permasalahannya.

Antara lain dengan memastikan pembangunan berimbang, menghentikan kekerasan dan penindasan, serta menghilangkan diskriminasi dan menegakkan demokrasi.

"Ekstrimisme dan terorisme terjadi di mana-mana. Ini adalah tantangan yang perlu ditindaklanjuti dan disikapi bersama melalui tindakan konkret," kata Jokowi, dilansir dalam siaran pers, Senin (16/11). 

Menurut Jokowi, dampak negatif yang nyata dari konflik yang terus terjadi di berbagai kawasan dunia adalah meningkatnya migrasi ireguler. 

"Ini menjadi tantangan yang cukup serius," imbuhnya. 

Di gelanggang pertemuan internasional tersebut, Jokowi menyerukan perlunya menumbuhkan toleransi di seluruh dunia.

"Diperlukan pendekatan terpadu yang mengharuskan negara-negara bersatu dan mengesampingkan perbedaan politik untuk menghadapi ekstrimisme dan terorisme."

JAKARTA - Belakangan ini, semenjak tragedi Paris, terorisme menjadi isu paling hangat di dunia. Di hadapan para pemimpin dari berbagai penjuru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News