Waduh... Selama 2015, 29 Ribu Surat Tilang Keluar

Waduh... Selama 2015, 29 Ribu Surat Tilang Keluar
Salah satu Razia Polda Jambi/ Jambi Independent

jpnn.com - JAMBI – Tingkat pelanggaran lalu lintas di Provinsi Jambi sangat tinggi. Ini terbukti dari surat tilang yang dikeluarkan dan jumlah angka kecelakaan. Sepanjang tahun 2015, Polda Jambi dan jajaran mengeluarkan 29.083 surat tilang, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Jumlah ini berkurang dari tahun lalu, yakni 29.541. 

Kemudian, terjadi 840 kecelakaan lalu lintas dan korban meninggal dunia 341 orang, luka berat 256 orang dan luka ringan 953 orang.  “Jumlah ini menurun dari sebelumnya,” ujar Brigjen Pol Lutfi Lubihanto, Kapolda Jambi.

Menurutnya, dari data tahun 2014 terjadi 362 korban tewas, luka berat 347 dan luka 894. Untuk kerugian sendiri pada tahun 2015, mencapai Rp 5 miliar. Jumlah ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 6 miliar.

Penyebab kecelakaan lalu lintas ini sendiri dari berbagai hal, mulai dari ulah manusia yang tidak mengikuti peraturan lalu lintas hingga ke faktor alam. Kecelakaan ini tersebar di seluruh wilayah hukum Polres yang ada di Jajaran Polda Jambi. Hanya saja, Lutfi, tidak membeberkan dimana  wilayah yang terbanyak terjadinya kecelakaan ini.

Kedepannya, lanjutnya, pihaknya akan terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berlalu lintas. Sosialisasi ini sendiri bisa dilakukan di sekolah dan masyarakat umum lainnya.

“Sosialisasi akan terus dilakukan. Kita beri pengertian dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas,” pungkasnya.(ano/ira)


JAMBI – Tingkat pelanggaran lalu lintas di Provinsi Jambi sangat tinggi. Ini terbukti dari surat tilang yang dikeluarkan dan jumlah angka kecelakaan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News