Menteri Ini Dulu Miskin, Dua Tahun Tidur di Masjid

Menteri Ini Dulu Miskin, Dua Tahun Tidur di Masjid
Sofyan Djalil. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PRIA asal Aceh ini sudah cukup berpengalaman di pemerintahan. Ya, Sofyan Djalil pernah menduduki jabatan tertinggi di empat kementerian. Yakni, Kemenkominfo, Kementerian BUMN, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bappenas.

Namun, sosok pria 62 tahun itu tidak seperti kebanyakan pejabat publik yang memang berasal dari keluarga terpandang atau berada.

Sebaliknya, kepala Bappenas itu harus menempuh perjalanan panjang untuk meraih kesuksesan seperti sekarang. Sebab, Sofyan tidak lahir dari keluarga kaya, melainkan sangat sederhana. ’’Saya itu pernah miskin,’’ katanya beberapa waktu lalu.

Meski begitu, suami Ratna Megawangi tersebut tidak menyepelekan pendidikan. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) itu bekerja keras agar tetap bisa mengenyam pendidikan tinggi. Saat kuliah, Sofyan pun sempat merasakan tinggal di masjid karena tidak punya tempat tinggal.

’’Saat itu bahkan saya homeless. Saya pernah dua tahun lho tidur di masjid. Tapi, saya tidak menyerah dengan keadaan. Saya tidak pernah putus asa pokoknya,’’ jelas alumnus program Master Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, tersebut. (ken/c15/agm)


PRIA asal Aceh ini sudah cukup berpengalaman di pemerintahan. Ya, Sofyan Djalil pernah menduduki jabatan tertinggi di empat kementerian. Yakni, Kemenkominfo,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News