Edan, Cetak Uang Pakai Kertas HVS Banyak Banget, Sempat Dipakai Belanja Ini Itu

Edan, Cetak Uang Pakai Kertas HVS Banyak Banget, Sempat Dipakai Belanja Ini Itu
Ilustrasi. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - SUKARAJA -  Seorang pelaku pemalsuan uang berhasil ditangkap warga Desa Padang Pelasan Kecamaatan Air Periukan, Selasa (2/2) kemarin. Pemuda bernama Putra, 25, tersebut tertangkap tangan saat membelanjakan uang palsu (upal) menggunakan pecahan Rp 100 ribu. 

Oleh warga kemudian diserahkan ke Mapolsek Sukaraja. Setelah menangkap tersangka Putra, aparat Polsek Sukaraja kemudian mengembangkan penangkapan ini.

Alhasil, Putra mengaku uang palsu itu diperoleh dari  Hadi (23) seorang mahasiswa salah satu universitas swasta di Kota Bengkulu tersebut. Malam itu juga anggota Polsek Sukaraja langsung menangkap Hadi di penginapannya.

Dari tangan mereka, berhasil diamankan upal dengan pecahan Rp 100 ribu sebanyak 33 lembar serta pecahan Rp 50 ribu sebanyak 18 lembar dengan total Rp 4,2 juta. 

Serta satu unit printer pencetak upal. Ternyata upal yang diedarkan oleh Putra merupakan upal yang dicetak oleh Hadi. Dari hasil keterangan mereka upal yang sudah berhasil dicetak sekitar Rp 10 juta lebih.

“Sebanyak Rp 5 juta sudah beredar dan kami belanja berbagai macam kebutuhan. Kami mencetaknya dengan mesin printer biasa dan kertas HVS,” ujar Hadi

Kapolsek Sukaraja AKP Daryanto membenarkan mengenai penangkapan kedua pelaku. “Karena sudah ada upal yang sempat beredar, kami minta agar memeriksa terlebih dahulu,” tegasnya.(333/ray)


SUKARAJA -  Seorang pelaku pemalsuan uang berhasil ditangkap warga Desa Padang Pelasan Kecamaatan Air Periukan, Selasa (2/2) kemarin.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News