SIMAK: Manfaat Forum Kesehatan Online

SIMAK: Manfaat Forum Kesehatan Online
ILUSTRASI. FOTO: Glamour

jpnn.com - LONDON – Mengikuti forum diskusi online ternyata memiliki manfaat tersendiri. Selain Anda bisa mendiagnosa dan mengobati diri sendiri, penelitian terbaru menemukan bahwa jawaban yang diberikan mungkin bisa mengejutkan Anda.

Untuk studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Internet Research, peneliti dari Royal Holloway, University of London meminta dokter dan non-dokter untuk menilai saran medis yang diberikan pada 25 thread diskusi kesehatan.

Secara keseluruhan, informasi itu dinilai sebagai cukup akurat. Anehnya, para peneliti mengatakan mereka memiliki kesulitan menemukan jawaban yang salah.

“Apa yang mengejutkan adalah seberapa banyak orang masih menganggap bahwa informasi kesehatan melalui di internet selalu tidak benar namun apa yang saya temukan justru mengejutkan,” kata penulis utama studi, Jennifer Cole, seperti dilansir laman Glamour, Selasa (2/2).

Cole mengatakan kualitas jawaban tampaknya lebih tergantung pada kondisi kesehatan daripada website. Misalnya, timnya mengalami kesulitan menemukan informasi yang salah pada benang diabetes sedangkan orang-orang lebih cenderung untuk memposting tentang pengobatan rumah aneh untuk mengurangi rasa gatal pada benang cacar air.

Itu kabar baik mengingat bahwa kini merupakan hal yang biasa bagi orang untuk mencari jawaban melalui internet ketika mereka sakit.

Sebuah survei Pew Research Center menemukan bahwa satu dari tiga orang dewasa Amerika menggunakan internet untuk mencoba mendiagnosis masalah medis.

Tentu saja, ini adalah internet dan siapa saja bisa posting apa saja yang mereka inginkan. Namun tetap saja ahli kesehatan perempuan, Jennifer Wider, MD, meminta Anda untuk berhati-hati ketika datang ke forum kesehatan online.

LONDON – Mengikuti forum diskusi online ternyata memiliki manfaat tersendiri. Selain Anda bisa mendiagnosa dan mengobati diri sendiri, penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News