Ini Bukti Militer AS Sering Menyiksa Tahanan

Ini Bukti Militer AS Sering Menyiksa Tahanan
Pentagon merilis foto penyiksaan tahanan di fasilitas penahanan AS di Irak dan Afghanistan. Foto:AFP

jpnn.com - PENGAKUAN sejumlah tahanan di Irak dan Afganistan terkait tindakan kekerasan yang dilakukan personil militer Amerika Serikat ternyata bukan isapan jempol semata. 

Jumat (7/2) Pentagon merilis 198 foto terkait tuduhan penyiksaan dan pelecehan tahanan di Irak dan Afghanistan. 

Sebagian besar foto close-up menunjukkan dengan jelas luka dan memar di lengan dan kaki tahanan yang mendekam di fasilitas penahanan Amerika Serikat. 

Foto-foto tersebut berasal dari hasil investigasi kriminal terhadap 56 dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh personel militer AS. 

Sebanyak 14 dugaan itu didukung oleh bukti-bukti yang kuat dan bahkan berujung pada penjatuhan hukuman penjara seumur hidup.

American Civil Liberties Union (ACLU) yang mengajukan gugatan Undang-Undang Kebebasan informasi lebih dari satu dekade lalu untuk atas foto-foto itu, mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 2.000 foto penyiksaan tahanan AS yang sebagian besar belum pernah dipublikasikan sebelumnya. 

"Gambar-gambar yang masih rahasia merupakan bukti terbaik dari pelanggaran serius yang terjadi di pusat-pusat penahanan militer," kata Wakil Direktur Hukum ACLU, Jameel Jaffer dalam sebuah pernyataan.(ray/jpnn)


PENGAKUAN sejumlah tahanan di Irak dan Afganistan terkait tindakan kekerasan yang dilakukan personil militer Amerika Serikat ternyata bukan isapan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News