Paket Ekonomi X Ancaman untuk Rumah Makan Padang?

Paket Ekonomi X Ancaman untuk Rumah Makan Padang?
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjawab keresahan para pemilik rumah makan (RM) Padang bila pemerintah membuka 100 persen investasi asing pada sektor restoran. Kebijakan tersebut tertuang dalam paket kebijakan ekonomi X, yang hari ini telah diluncurkan.

Arief meyakini, dibukanya investasi 100 persen untuk asing di sektor restoran tidak akan menggerus keberadaan restoran Padang, yang saat ini sudah menjamur di berbagai kota. Pasalnya Kemenpar memberikan nilai minimal untuk para investor asing berinvestasi.

"Apa nanti akan menyerang rumah makan Padang? Tidak mungkin, karena modal usahanya Rp 10 miliar. Kalau modal usahanya Rp 10 miliar, total investasi dia itu minimal Rp 100 miliar. Jadi jangan khawatir. Kalau dia tetap nekat masuk, maka harus bermitra dengan lokal sepanjang dia modal usahanya di bawah Rp 10 miliar," papar Arief di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (11/2).

Mantan dirut PT Telkom ini menambahkan, rumah makan dengan restoran merupakan hal yang berbeda. Dimana rumah makan saat ini sudah dibuka 100 persen untuk asing.

"Beda rumah makan dan restoran adalah kalau restoran itu ada dapurnya, kalau rumah makan seperti RM Padang zaman dahulu hanya dipanasin aja di situ. Nah sekarang yang seperti itu dibuat menjadi sama-sama 100 persen," kata Arief. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjawab keresahan para pemilik rumah makan (RM) Padang bila pemerintah membuka 100 persen investasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News