Ketua KPU: Sebelum Jokowi, KPU sudah Lelang Jabatan

Ketua KPU: Sebelum Jokowi, KPU sudah Lelang Jabatan
Ketua KPU RI Husni Kamil Manik berdialog dengan anggota dan pegawai KPU Muarojambi. Foto: Jambi Independet/JPNN

jpnn.com - JAMBI - Lelang jabatan yang dipopulerkan Jokowi-Ahok saat memimpin DKI Jakarta, bukanlah yang pertama di Indonesia. Hal ini diungkapkan Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dalam kunjungannya ke KPU Kabupaten Muarojambi Kemarin (3/3). 

Kunjungan dan tatap muka bersama komisioner serta sekretariat KPU Muarojambi, turut didampingi Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim. Mereka memotivasi penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi yang akan digelar pada 15 Februari 2017 mendatang.

Tahun 2012 lalu menurut Husni, KPU telah melaksanakan seleksi terbuka untuk mengisi kekosongan kursi Sekretaris Jenderal KPU. “Saat itu ada tiga calon yang diseleksi, yang pada akhirnya terpilih Bapak Arif Rahman Hakim dari hasil seleksi terbuka tersebut,” jelas Husni.

Saat ini, tingkat kepercayaan publik terhadap KPU cukup tinggi. Sehingga diharapkan integritas dan profesionalitas yang sudah terjaga baik, dapat ditingkatkan lagi. 

“Kepercayaan publik ke KPU mencapai 80 persen. Dan kita berada di peringkat empat tertinggi di semua lembaga negara dibawah MK, KPK dan PPATK,” terangnya.

Husni juga meminta KPU Muarojambi terus menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah. “Meski demikian, kita sebagai penyelenggara tidak menggadaikan identitas sebagai penyelenggara pemilu,” katanya.

Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim berharap, seluruh pegawai KPU Muarojambi harus bekerja keras untuk kesuksesan penyelenggaran Pilkada serentak. 

“Sekretariat harus juga menjaga keharmonisan bersama komisioner, agar dapat seiring sejalan dalam mensukseskan suatu kegiatan,” demikian kata Arif.(ano/aki/ray)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News