Inilah Cara Negeri Laskar Pelangi Sambut Gerhana Matahari

Inilah Cara Negeri Laskar Pelangi Sambut Gerhana Matahari
Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - BELITUNG - Masyarakat di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Babel tidak menyia-nyiakan kesempatan hadirnya fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret, besok. Pasalnya, momen ini harus menunggu ratusan tahun lagi.

Demi menyambut para wisatawan pemburu gerhana matahari total, masyarakat Belitung sudah menyiapkan berbagai acara yang menghibur. Menurut Gubernur Provinsi Babel, Rustam Effendi, gerhana adalah pintu masuk bagi negeri Laskar Pelangi itu memperkenalkan budaya dan wisatanya.

"Gerhana matahari adalah anugerah Tuhan untuk kami, sehingga kami akan memberikan yang terbaik untuk wisatawan yang datang," ujar Rustam dalam sebuah seminar.

Pantai Tanjung Kelayang menjadi pusat nonton gerhana di Belitung. Di tempat itu pula lah, pemda dan warga setempat menggelar acara untuk menyambut gerhana.

Selama dua malam berturut-turut pemda setempat menggelar acara panggung hiburan seni dan kebudayaan. Malam Senin kemarin, sudah dibuka Rustam. Tarian kolosal tentang gerhana adalah yang paling diunggulkan dari hiburan malam itu.

Untuk anda pengunjung Belitung yang baru saja tiba hari ini tidak perlu khawatir ketinggalan menyaksikan tarian kolosal tersebut.

Sore nanti, Anda bisa datang menikmati sunset cantik di Tanjung Kelayang. Setelah itu, pada pukul 19:30 acara hiburan malam itu dimulai. 
Ada band lokal yang akan mengawali acara itu. Kemudian, dilanjutkan dengan tarian Lesong Panjang.

Selanjutnya, ada tari kolosal oleh 100 penari yang sudah ditunggu-tunggu wisatawan. Belum diketahui, kisah apa yang akan ditampilkan tim dua tari kolosal tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News