Salat Menanti sang Gerhana..

Salat Menanti sang Gerhana..
Salah satu tugu di Belitung. Foto: Natalia Fatimah Laures/JPNN.com

jpnn.com - BELITUNG—Sejumlah warga di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Babel menanti gerhana matahari total dengan cara berbeda. Mereka akan menggelar salat gerhana bersama-sama sebelum menanti momen fenomena alam tersebut.

“Nanti akan dilakukan salat gerhana. Itu rencana kami,” ujar Gubernur Kepulauan Babel Rustam Effendi di Belitung, Selasa (8/3).

Sementara itu, seorang seniman Belitung, Husni mengatakan, salat itu bukan bagian dari tradisi khusus warga Belitung. Hanya semacam ajakan agar dilakukan salat menjelang gerhana untuk mengucapkan syukur. Menurutnya, itu tidak menjadi kewajiban untuk warga setempat. Hanya ajakan dari pemda setempat agar bersama-sama menunaikan ibadah salat gerhana.

“Ini untuk mengucap syukur karena kita semua bisa menyaksikan momen gerhana matahari total yang hanya terjadi puluhan tahun lalu,” ujar Husni pada JPNN.

Sejauh ini, menurutnya, tidak ada mitos khusus warga Belitung terkait gerhana matahari. Itu hanya dianggap sebaga fenomena alam. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News