Kantor Gubernur Ganteng Didemo Ratusan Petani dan Suku Anak Dalam

Kantor Gubernur Ganteng Didemo Ratusan Petani dan Suku Anak Dalam
Massa petani dan Suku Anak Dalam melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jambi Zumi Zola, kemarin (16/3). Foto: Jambi Ekspres/JPG

jpnn.com - JAMBI   –   Ratusan petani yang berasal dari lima kabupaten di Jambi kemarin menggeruduk Kantor Gubernur Jambi Zumi Zola.  Mereka merupakan korban  konflik lahan yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi. 

Ratusan petani Jambi  dan Suku Anak Dalam  itu  berasal dari Muaro Jambi, Batanghari, Sarolangun, Tanjung Tajung Timur, dan Tebo.

Mereka menagih janji Gubernur Jambi Zumi  Zola untuk menyelesaikan konflik lahan yang sudah berkepanjangan di Jambi.

Joko Supriyadi Nata, Korlap unjuk rasa mengatakan, perjuangan rakyat mempertahankan lahan mereka sudah sejak lama.  

Perlawanan masyarakat SAD sejak tahun 1986 melawan perampasan lahan yang dilakukan PT Asiatic Persada. Kemudian perlawanan petani Kunangan Jaya I dan II Batanghari ketika tanah mereka diklaim oleh PT Agro Nusa Alam Sejahtera, PT Wanakasita Nusantara dan PT Restorasi Ekosistem Indonesia. 

“Bahkan di Pemayung, perusahaan tanpa izin sudah mengubah fungsi kawasan Minapolitan menjadi kebun sawit,” katanya.  

Joko mengatakan, di Tanjabtim, masyarakat juga kehilangan tanah akibat diserobot Taman Nasional Berbak. Di Tebo, masyarakat adat dan petani harus menghadapi tanah mereka tumpang tindih dengan izin Hak Guna Perkebunan dan Hutan Tanam milik PT Limbah Kayu Utama.  

“Akibatnya 15.000 KK petani menjadi korban. Petani kecewa, Pemerintah lebih senang memprivatisasi tanah dan kawasan hutan kepada pemodal ketimbang member ikan akses tanah kepada rakyat,” ujarnya.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News