Bang Napi Berulah Lagi, Usir Petugas BNN

Bang Napi Berulah Lagi, Usir Petugas BNN
GADUH : Nampak Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham, Sulteng, mencoba menenangkan para penghuni Rutan Maesa Palu yang mulai mengamuk di tengah pemeriksaan tes urine maupun razia di blok-blok tahanan tadi malam. Foto: AGUNG SUMANDJAYA/RADAR SULTENG/JPG

jpnn.com - PALU – Upaya Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menyasar  rumah tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kembali mendapat perlawanan. Kali ini terjadi di Rutan Maesa Palu, Sulteng, tadi malam.

Aparat gabungan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulteng bersama anggota Polda serta Polisi Militer datang untuk melakukan razia sekaligus tes urine. Mereka datang bersama sejumlah pegawai dari Kanwil Kemenkumham Sulteng sekitar pukul 21.00 wita, 

Tiga tim yang dibentuk langsung berpencar dan meminta para penghuni di sejumlah blok di rutan tersebut untuk satu persatu diperiksa urinenya. 

Fokus pemeriksaan urine sendiri dilakukan bagi para tahanan maupun warga binaan alias napi dalam kasus penyalahgunaan narkotika.

Baru 20 menit operasi yang dilakukan BNNP berjalan, terjadi kegaduhan yang sengaja dibuat para tahanan yang tidak ingin dites urinenya. Bermula dengan jatuhnya jemuran yang tidak sengaja tersenggol aparat,  para tahanan dan warga binaan berteriak-teriak memaki petugas sambil menggoyang-goyangkan pintu di sel masing-masing. 

Baru sekitar 12 tahanan yang diperiksa urine, pihak dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng, meminta kepada aparat untuk menghentikan kegiatan tes urine, karena situasi yang sudah sulit dikendalikan. 

Petugas pun mengalah dan meninggalkan areal blok-blok para tahanan. “Keluar kamu semua, kita tidak mau dites urine,” teriak salah seorang pria dari blok sebelah timur rutan. (agg/sam/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News